Banjir Rendam 50 Kelurahan di Jakarta, Satu Tewas

Banjir kepung Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Daerah yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung dan sungai lainnya di wilayah Jakarta terus bertambah. Hingga Selasa 15 Januari 2013 pukul 20.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat 50 kelurahan terendam banjir sehingga membuat 6.101 jiwa mengungsi ke tempat pengungsian yang telah tersedia.
 
Di Jakarta Timur daerah yang terendam banjir adalah Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Melayu) dan Kecamatan Kramat Jati (Kelurahan Cawang dan Cililitan).
 
Di Jakarta Selatan, banjir menggenangi Kecamatan Tebet (Kelurahan Bukit Duri dan Kebon Baru), Kecamatan Pancoran (Kelurahan Rawajati), Kecamatan Pasar Minggu (Kelurahan Pejaten Timur dan Cilandak Timur), Kecamatan Kebayoran Lama (Kelurahan Pondok Pinang dan Kebayoran Lama Utara), Kecamatan Pesanggrahan (Kelurahan Petukangan Selatan, Bintaro, Ulujami dan Cipulir), Kecamatan Cilandak (Kelurahan Cilandak Barat dan Kelurahan Pondok Labu), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan), Kecamatan Jagakarsa (KelurahanTanjung Barat).
 
Di Jakarta Pusat, banjir di 3 kelurahan yaitu  Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru;  Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, serta di Kelurahan Cideng di Kecamatan  Gambir.
 
Di Jakarta Barat, banjir terjadi di Kecamatan Kebon Jeruk (Kelurahan Kedoya Utara, Duri Kepa dan Sukabumi Selatan), Kecamatan Kembangan (Kelurahan Kembangan Utara, Joglo dan Meruya), Kecamatan Grogol Petamburan (Kelurahan Grogol, Tomang, Tanjung Duren Selatan, Tanjung Duren Utara, Jelambar, Jelambar Baru, dan Wijaya Kusuma), Kecamatan Cengkareng (Kelurahan Kapuk, Cengkareng Timur, Duri Kosambi, Cengkareng Barat, Kedaung Kaliangke dan Rawa Buaya).
 
Di Jakarta Utara, banjir terjadi di Kecamatan Kelapa Gading (Kelurahan Kepala Gading Timur dan Pegangsaan Dua), Kecamatan Tanjung Priok (Kelurahan Tanjung Priok, Sunter Agung dan Kebon Bawang), Kecamatan Pademangan (Kelurahan Pademangan Barat), Kecamatan Penjaringan (Kelurahan Penjaringan, Pejagalan, Kamal Muara, Kapuk Muara dan Pluit).

Diperkirakan luas wilayah yang terendam banjir akan bertambah karena pendataan masih terus dilakukan. Pengungsi terbanyak terdapat di Kel Durikosambi yaitu 2.645 orang, yang ditempatkan di markas karang taruna dan Terminal Bus Transjakarta. Di Kelurahan Rawabuaya terdapat pengungsi 2.102 orang. Kelurahan lain yang terendam banjir yakni Kelurahan Bidaracina yakni 214 orang.
 
Satu Meninggal

Hingga saat ini tercatat korban meninggal 1 orang yaitu Angga (13 tahun, laki-laki), warga RT005 RW 01, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Korban meninggal tenggelam akibat disapu luapan air sungai di Kali Sekretaris.
 
Hingga pukul 20.00 Wib debit Sungai Ciliwung di Manggarai terus mengalami kenaikan. Tercatat 900 cm (Siaga 2) yang dalam kisaran Siaga 2 yakni 850 – 950 cm. Sedangkan di Bendung Katulama ketinggian muka air 130 cm (Siaga 3), Depok 250 cm (Siaga 3), dan Pesanggrahan 200 cm (Siaga 3).

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Kondisi hujan cukup merata dengan intensitas rendah,s edang hingga tinggi di wilayah Jabodetabek.
 
BNPB juga membantah berita bohong yang beredar melalui pesan singkat bahwa Rabu besok akan lautan banjir di Jakarta. BNPB menyatakan, penanganan darurat banjir terus dilakukan bersama-sama oleh BNPB, BPBD DKI, Tagana, SKPD, PMI, dan sebagainya. Posko darurat, dapur umum, pos kesehatan telah didirikan di beberapa tempat. (ren)

Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Tanda dari kondisi sekarat umumnya bisa terlihat dari perubahan pada tubuh entah wajah, mata atau bahkan pembicaraan yang kadang dirasa aneh oleh keluarga.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024