Normalisasi Kali Difokuskan di Tiga Titik

Jokowi Kunjungi Bukit Duri
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta akan mempercepat kegiatan normalisasi kali di 13 aliran sungai. Normalisasi berupa pengerukan dan pelebaran akan difokuskan di tiga kali, yaitu kali Pesanggarahan, Sunter, dan Angke.

"Semua akan dinormalisasi, namun saat ini konsentrasi untuk kali-kali besar dulu," ujar Jokowi usai mengunjungi kawasan langganan banjir di RW 09, Pesing Koneng, kedoya Utara, Jakarta Barat, Sabtu 5 Januari 2013.

Jokowi mengatakan, sampai pertengahan tahun ini, kegiatan normalisasi akan difokuskan pada masalah administrasi dan pembebasan tanah. "Kita mulai dari pembebasan tanahnya, dari sekarang sudah mulai diinventarisir," katanya.

Ia juga mengatakan, dengan banyak titik banjir di DKI Jakarta yang mencapai 78, Jokowi tak bisa hanya menggunakan cara-cara konvensional seperti normalisasi sungai, namun harus ada terobosan-terobosan baru, yang salah satunya adalah pembangunan terowongan multiguna senilai Rp16 triliun.

"Dengan cara konvensional itu yang berkurang kira-kira hanya 8-12 titik. Padahal kita ada 78 titik banjir," ujar Jokowi."Ini sudah beberapa puluh tahun kita hadapi banjir seperti ini, tidak berubah-berubah." (eh)

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024