Polri: Rasyid Rajasa Tak Perlu Dicekal

M Rasyid Amrullah Rajasa
Sumber :
  • Setpres-Anang

VIVAnews - Penyidik kepolisian tidak berniat mengajukan cekal untuk anak Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, M Rasyid Amrullah. Meskipun Rasyid saat ini sedang menempuh studi di University of East London.

"Tidak perlu dimintakan surat cekal. Proses berjalan normal sesuai ketentuan yang ada," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 3 Januari 2013.

Boy meminta publik tidak berprasangka buruk dalam melihat kasus ini. Dia menegaskan bahwa kepolisian akan bekerja secara profesional.

"Pikir positif saja, yang penting pada penegakan hukum. Kita yakin (Rasyid) kooperatif," ujarnya.

Menurut Boy, siapapun tersangka yang tengah sakit wajib mendapatkan perawatan. Jika kondisi Rasyid sudah sehat, dia memastikan proses hukumnya akan berjalan lebih mudah.

"Polri ikut memantau kesehatannya. Tidak mungkin orang dalam keadaan sakit diperiksa," ucapnya.

 Harus Segera Ditahan

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane menilai, jika Rasyid tidak dicekal, studi akan menjadi alasan Rasyid menghindari proses hukum.

"Jika Rasyid berada di London tentu polisi akan kesulitan memproses kasus BMW maut tersebut," katanya.

IPW juga berharap polisi segera menahan Rasyid. "Penahanannya harus segera dilakukan agar Polisi tidak dituding bersikap diskriminatif dalam menghadapi kasus yang melibatkan anak pejabat," tuturnya.

Selain itu, polisi harus segera membuka hasil pemeriksaan terhadap Frans Joner Sirait, sopir mobil Daihatsu Luxio F 1622 CY, yang ditabrak Rasyid.

Neta berharap, keluarga besar Rasyid berjiwa besar menghadapi musibah ini. Kata Neta, bagaimana pun hasil musyawarah dan perdamaian antara keluarga tersangka dengan keluarga korban tidak bisa menghalangi proses hukum dalam kasus BMW maut ini, mengingat ada 2 korban tewas.

"Jika keluarga besarnya berjiwa besar masyarakat akan bersimpati pada mereka. Sebaliknya, jika mereka tidak berjiwa besar tentu akan mengganggu citra Hatta Rajasa sebagai ayah Rasyid," kata Neta. (adi)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024