Ini Penyebab Sudirman-Thamrin Banjir

Hujan Deras Jakarta Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, Pemerintah sudah mengantisipasi 62 titik banjir di Jakarta di musim penghujan. Tapi, Jalan Sudirman dan Thamrin tidak termasuk.

Namun, kawasan ini terendam banjir, Sabtu 22 Desember 2012 sehingga mengakibatkan kemacetan sangat parah. Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan mengapa kawasan perkantoran tersebut bisa tergenang air.

Sutopo mengakui drainase di kedua jalan protokol tersebut tergolong bagus dan mampu mengalirkan air dari badan jalan. Tapi, drainase kemudian tidak bisa bekerja baik karena muaranya pun meluap. "Sungai Cideng dan kanal barat meluap. Jadi, mau menampung air bagaimana?" kata Sutopo saat dihubungi VIVANews, Minggu 23 Desember 2012.

Hujan yang sangat deras, imbuhnya, menjadi penyebab mengapa Cideng dan Kanal Barat meluap. "Ini air hujan lokal Jakarta saja. Tidak ada kiriman dari Bogor," imbuhnya.

Meski demikian, kata Sutopo, Pemerintah sudah menyiapkan berbagai rencana untuk mengantisipasi banjir dengan berbagai program dan sumber daya manusia, serta peralatan. (adi)

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024