Solusi Macet Jakarta Ala Menhub Mangindaan

Macet di Jalan Jakarta. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengaku mempunyai beberapa strategi untuk mengurangi kemacetan yang makin parah di DKI Jakarta. Cara paling jitu mengurangi kemacetan di Jakarta adalah membangun underpass.

"Saya sudah bicara dengan Gubernur, sanggup nggak bikin underpass? Kalau sanggup dalam 1-2 tahun ini mungkin menghabiskan beberapa triliun rupiah. Ini bisa mengurangi kemacetan," ujar Mangindaan usai Apel Operasi Lilin 2012 di Silang Monas, Jakarta, Jumat, 21 Desember 2012.

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Saat ini ada 14 - 15 titik pertemuan antara jalan raya dengan rel kereta api di seluruh Jakarta. Hal ini lah yang menjadi penyebab kemacetan.

"Saya dengan Menteri Pekerjaan Umum sudah bekerjasama. Kereta api memang menjadi angkutan massal di Jakarta, tapi yang bikin macet karena berhenti-berhenti itu. Maka saran saya jangan ada perlintangan sebidang (pertemuan jalan raya dengan jalur kereta)," ungkap dia.

Berdasarkan laporan dari Polantas, sebanyak 19 ribu kendaraan masuk ke DKI Jakarta setiap harinya. Oleh karena itu, Mangindaan menyarankan agar area parkir di stasiun dimaksimalkan, sehingga masyarakat yang tinggal di perbatasan Jakarta tidak membawa serta kendaraannya ketika beraktivitas.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan membuat transportasi antar moda (angkutan terpadu) yang lebih maksimal. "Kami akan koordinasi untuk membuat parking area di perbatasan. Nanti masyarakat bekerja dengan naik kereta. Dengan begitu kemacetan di Jakarta akan berkurang, menghemat bahan bakar, dan mengurangi polusi," tutur Mangindaan.

Mangindaan pun mengingatkan agar rencana penerapan ganjil-genap harus lebih diperketat penerapannya. "Yang penting ada stiker resmi, jadi petugas tidak bisa dikelabuhi," tegas dia.

Daya Beli

Mangindaan mengungkapkan bahwa salah satu penyebab kemacetan di Jakarta adalah makin tingginya daya beli masyarakat Jakarta terhadap kendaraan bermotor.

"Pertumbuhan ekonomi membuat daya jangkau masyarakat tinggi. Kalau dari segi harga emang sudah sekian jumlahnya," tutur dia. (umi)

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!
Anggota Polisi bagikan Takjil

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Menurut keterangan yang didapat dari akun Instagram, bahwa tak ada satupun pengendara yang melintas ke arahnya untuk mengambil takjil yang sudah disiapkan anggota polisi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024