Kowad Gadungan Tipu Calon Anggota TNI Ratusan Juta

Uang Rupiah
Sumber :

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya mengamankan Porhati Rindu Echa Siregar, janda mantan anggota TNI lantaran menipu empat orang yang akan masuk menjadi anggota TNI. Dia berupaya meyakinkan korban dengan berpura-pura menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) berpangkat Mayor.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

"Kepada orangtua korban, tersangka menjamin bisa meloloskan korbannya menjadi anggota TNI AD tanpa tes," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Selasa, 18 Desember 2012.

Rikwanto mengatakan, kasus ini terkuak setelah orangtua korban menemui kejanggalan dan melapor ke polisi. Berbekal laporan tadi, polisi membekuk tersangka di rumahnya di Klinik Setia Rumanda, Jalan Cibubur Raya, Jakarta Timur.

Aksi tersangka bermula dari penerimaan anggota TNI baru melalui brosur yang diambil dari panitia pendaftaran Secaba TNI AD di Ajendam III Siliwangi Bandung. Brosur tersebut dimanfaatkan tersangka dengan menawarkan ke beberapa orang yang berminat menjadi Secaba TNI AD.

Dijelaskan Rikwanto, empat korban yang terperdaya langsung mentransfer uang ke rekening tersangka. Mereka adalah Yuliana yang tertipu Rp97 juta, Sri Maniungsih Rp202 juta, Indo Suji Rp90 juta, dan M Syahlani Rp82 juta. Total keuntungan yang diraup tersangka sekitar Rp500 juta.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti diantaranya satu buku tabungan BRI atas nama tersangka, beberapa telepon seluler dan atribut lengkap TNI AD. Kepada penyidik, tersangka mengaku sudah beraksi sejak Juli 2012.

"Tersangka disangkakan dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman penjara diatas lima tahun," ujar Rikwanto. (umi)

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024