Tanggul Muara Angke Jebol, 500 Rumah Warga Terendam

Tanggul Muara Angke jebol
Sumber :

VIVAnews - Tanggul penahan air Kali Adem Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, jebol. Satu rumah yang berada dekat tanggul roboh karena diterpa air deras. Ratusan rumah warga terendam banjir akibat kejadian ini.

Tanggul jebol sekitar pukul 09.00 WIB, dan diameter tanggul yang jebol sekitar dua meter. Dengan cepat air yang keluar dari tanggul menggenangi pemukiman warga.

"Jam 10 rumah saya roboh. Saya langsung keluar rumah dan hampir tertimpa bangunan. Tapi saya dan istri sempat hanyut sekitar 10 meter dan behenti di kolong jembatan," kata Dodi di lokasi kejadian, Kamis, 13 Desember 2012.

Rumah Dodi yang berbetuk rumah panggung hanyut karena diterjang air. Dodi dan istrinya, Purwanti, diselamatkan tukang becak dengan bambu panjang.

Warga sempat panik, mereka menyelamatkan barang berharga miliknya dengan mengevakuasi ke tempat yang aman. Mereka kemudian bergotong royong membangun kembali tanggul menggunakan karung berisi pasir.

Warga Memilih Bertahan

Sedikitnya ada 500 rumah warga atau 1.500 jiwa warga RW 01, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, terendam luapan air laut yang sisebabkan karena tanggul jebol. Warga yang terendam banjir berada di 23 RT,  RW 01 dan RW 011. Ketinggian banjir 30-50 sentimeter.

Sebagian besar warga nampak sibuk menyelamatkan barang-berang mereka. Sementara warga RW 01 dan RW 011 memilih bertahan di dalam rumah.

Menurut Lurah Pluit, Tahta Yujang, tanggul yang jebol memiliki ketinggian 10 meter dan lebar 5 meter. Sementara yang jebol sekitar 2 sampai 3 meter. Penyebab jebolnya tanggul adalah hempasan air laut pasang atau rob.

"Volume air yang terlalu banyak meluap dan menggerus tanggul dan akhirnya jebol," terangnya.

Lebih lanjut, Tahta menambahkan, saat ini petugas Tagana dan warga telah memasang puluhan karung untuk menambal lubang yang jebol. Rumah pompa di waduk Pluit juga telah disiagakan untuk menyedot air yang merendam ratusan rumah warga.

"Kami tidak membuat tempat pengungsian, karena warga memilih bertahan dan tidak mau dievakuasi," imbuhnya.

Mengenai adanya dua warga yang hanyut, sambung Tahta, kedua warga tersebut telah mendapatkan perawatan medis di puskesmas Pluit.

"Tadi ada dua warga yang terluka, cuma luka dibagian kaki, mungkin menginjak beling, tapi sudah diobati di puskesmas" tandasnya. (adi)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024