DKI dan Jabar Bangun Zona Hijau di Bantar Gebang

Sampah Di Bantar Gebang
Sumber :
  • Reuters/Beawiharta

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf di Istana Negara, Senin 10 Desember 2012. Dalam pertemuan itu, mereka membahas pembangunan kawasan hijau di kawasan Bantar Gebang.

"Dengan Pak Dede ketemu di Istana sempat berbincang menegani pembangunan zona hijau di pembuangan sampah Bantar Gebang," ujar Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 10 Desember 2012.

Ahok, panggilan akrab Basuki, menjelaskan bahwa pembangunan zona hijau di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang dimaksud sebagai wilayah yang menjadi batasan antara tempat pembuangan sampah dan pemukiman warga.

"Karena saat ini pemukiman warga di sana dekat sekali dengan tempat pembuangan sampah, jadi perlu suatu daerah untuk menjadi pembatas, dan zona hijau itu akan digunakan sebagai batas antara keduanya," kata Ahok.

Menurutnya rencana itu masih dalam tahap usulan dan akan dikaji secara bersama-sama. "Ini membutuhkan kajian yang lebih dalam lagi, " ujarnya.

Basuki belum bisa memastikan apakah akan memenuhi rencana itu atau tidak. Sebab, dalam kontrak pembuangan sampah antara pemprov DKI Jakarta dan Jawa Barat tidak mencantumkan kewajiban membangun zona hijau. "Dalam kontraknya itu tidak ada jadi harus dibicarakan dulu," kata dia.

Dalam pembicaraan itu, Dede meminta agar Pemprov DKI membangun fasilitas sosial dan fasilitas umum di kawasan perbatasan Jakarta Bekasi itu. "Kami diminta juga untuk membangun klinik dan sekolah di kawasan tersebut dan memang sebenarnya di sana kami telah rencanakan pembangunan itu," katanya.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, menyatakan siap negosiasi ulang dengan Pemerintah Kota Bekasi mengenai kontrak TPA sampah Bantargebang yang akan berakhir pada 2015 mendatang. "Yah sepanjang untuk kebaikan warga ndak apa-apa, tak ada masalah kok," ujarnya.
 
"Kalau diminta yah dibangun, mudah-mudahan nanti ada kerja sama dengan pemerintah Jawa Barat," katanya.
 
Mengenai permintaan pembangunan fasilitas publik seperti sekolah, klinik, tempat ibadah dan green zona di kawasan TPA Bantargebang, mantan wali kota Solo itu mengaku akan mempelajarinya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Menurutnya, DKI juga sedang merencanakan membangun tiga Intermediate Treatment Facility (ITF) di dalam kota. Di antaranya ITF Sunter, ITF Cakung Cilincing, dan ITF Marunda. "Ini akan mereduksi sampah sampai 95 persen. Nantinya kan enggak hanya di utara saja, selatan dan barat juga ada selain ITF Sunter," ujarnya.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024