TUTUP
TUTUP
METRO

Massa Buka Blokir Jalan Raya Cakung-Cilincing

Gubernur DKI Joko Widodo janji akan menemui warga Cilincing sore ini.
Massa Buka Blokir Jalan Raya Cakung-Cilincing
Warga Blokir Jalan Raya Cakung-Cilincing. (VIVAnews/Arnes Ritonga)

VIVAnews - Seharian menduduki Jalan Raya Cakung Cilincing (Cacing), Warga Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara, akhirnya membubarkan diri. Mereka bubar sekitar pukul 13.45, setelah dijanjikan akan ditemui oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu merupakan hasil pertemuan perwakilan warga dengan Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiono di Kantor Walikota, Jl Yos Sudarso, Tanjung Priok, Rabu 28 November 2012. "Hasil rapat tadi semua sudah terjawab, Pak Walikota akan hadir bersama Pak Jokowi nanti sore," ujar perwakilan warga Sugeng Sutrisno. 

Sugeng membacakan hasil kesepakatan yang ditandatangani oleh Walikota Jakarta Utara itu di hadapan demonstran. Dalam kesepakatan itu, Walikota memastikan kesediaan Jokowi menemui warga. 

"Dan apabila Pak Gubernur tidak bisa hadir karena ada kepentingan mendesak lainnya, maka saya Walikota Jakarta Utara akan hadir ke Kampung Sawah. Oleh karena itu warga yang berada di Jalan Cacing agar kembali ke rumah masing-masing."

Massa kemudian membubarkan diri dari jalan utama jalur ekspor-impor itu. Mereka tetap berkumpul menunggu kedatangan Jokowi di Gang Pos 2 Kampung Sawah. Mereka akan menunggu Gubernur dan Walikota Jakarta Utara di sebuah masjid besar di daerah itu.

Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar M Iqbal menyambut baik warga mau berdialog. Dia berharap ketertiban itu dijaga. 

"Harapan saya tidak ada aksi serupa yang bisa saja melanggar hukum. Tapi ini cara masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, oleh karena itu kami tidak melakukan upaya paksa, kami lakukan upaya dialogis," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, aparat kepolisian yang bertugas mengamankan demonstrasi itu hanya berjumlah 75 orang.  "Tapi dari deteksi masyarakat kooperatif dan kondusif sehingga aman, mereka ini hanya ingin didengar." (eh)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP