Proyek Monorel Jakarta Juga Siapkan Lahan Parkir dan Wifi

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - PT Adhi Karya Tbk, menjamin proyek Monorel akan menjadi salah satu solusi memecahkan masalah kemacetan di Jakarta. Hasil kajian Adhi Karya menyebutkan penyebab kemacetan Jakarta adalah banyaknya mobil pribadi yang masuk dari Bekasi dan Bogor.

Untuk itu, Adhi Karya akan membangun monorel Bekasi Timur Cawang dan Cibubur-Cawang. Perusahaan pelat merah ini juga akan menyiapkan berbagai fasilitas agar orang mau pindah dari mobil pribadi ke transportasi massal. Fasilitas itu antara lain tempat parkir di Bekasi Timur dan Cibubur sebagai tempat pemberangkatan monorel.

"Jadi, orang yang dari Bogor bisa simpan mobil di Cibubur lalu lanjut naik monorel ke Jakarta, begitu juga mobil dari arah Bekasi. Monorel dari dua arah tersebut akan masuk stasiun sentral Cawang," kata Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan di Jakarta, Sabtu 24 November 2012.

Dari Cawang, para penumpang bisa melanjutkan dengan moda transportasi lainnya seperti Busway, atau tetap menggunakan monorel arah Palmerah, Rasuna Said, dan Harmoni. Untuk proyek ini, Adhi Karya telah menyiapkan investasi sebanyak Rp13,9 triliun yang berasal dari kas internal dan sindikasi perbankan.

Saat ini, tambah Kiswodarmawan, pihak konsorsium bersama pemda DKI Jakarta sedang melakukan proses engineering dalam jangka waktu 6 bulan. Proses ini akan menentukan model monorel dan topografi. Rencana awal, monorel akan dilengkapi dengan Internet nirkabel untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan bagi penumpang. "Kami harapkan pada 2015 sudah beroperasi," katanya. (ren)

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya
Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 di Indonesia

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 Indonesia versi LinkedIn. Top Companies yang dirilis LinkedIn kali ketiga ini menyoroti 15 tempat kerja terbaik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024