Tarif Parkir Tak Diturunkan, Jokowi Disomasi

Jokowi Tinjau Pasar Ular
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat, David Tobing, melayangkan somasi kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. David meminta Jokowi segera mencabut Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2012 tentang Biaya Parkir pada Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Untuk Umum di Luar Badan Jalan (Pergub Parkir).

Udara Panas yang Melanda RI dalam Beberapa Hari Terakhir Bukan Heatwave, Menurut BMKG

Mantan Walikota Solo itu diminta menunda kenaikan tarif parkir hingga ada persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta. Somasi dikirimkan hari ini, Jumat 23 November 2012.

"Apabila Pergub Parkir tidak segera dibatalkan dalam kurun waktu 30 hari sejak tanggal somasi, maka kami akan mengajukan gugatan kepada Gubernur DKI Jakarta," kata David.

Menurut dia, somasi itu menjelaskan tentang adanya mal administrasi dalam pengaturan kenaikan tarif biaya parkir yang tertuang dalam Pergub Parkir tersebut.

Adaro Energy Cetak Laba Bersih US$374,3 Juta di Q1-2024, Turun 18,3%

Hal ini dilihat dari tidak adanya Keputusan DPRD DKI Jakarta yang menyetujui adanya kenaikan tarif parkir dalam peraturan tersebut. Dalam pertimbangan Pergub Parkir hanya disebutkan adanya surat dari Ketua DPRD DKI Jakarta tanggal 10 September 2012 Nomor 692/-1.725.5. Padahal, di Pasal 25 ayat (1) Peraturan Daerah No. 5 Tahun 1999 tentang Perparkiran dinyatakan bahwa tarif parkir ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta dengan persetujuan Dewan.

"Somasi ini kami maksudkan agar Bapak Joko Widodo tidak terjebak kesalahan prosedur yang dilakukan gubernur terdahulu dan demi menjaga kredibilitas Bapak Joko Widodo agar selalu menetapkan kebijakan yang pro rakyat," ucapnya.

Dijodohkan Sama Irish Bella, Begini Respons Abidzar

Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Adi Ardiantara mengatakan kenaikan tarif ini diperlukan karena sudah delapan tahun tarif belum dinaikkan. Ini juga untuk menyesuaikan dengan laju inflasi yang naik setiap tahunnya. "Tahun ini target penerimaan pajak dari tarif parkir sekitar Rp210 miliar," ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan penerimaan pajak dari tarif parkir mencapai Rp398 miliar pada 2013. "Ini karena ada kenaikan  pajak parkir," kata dia.

Soal besaran kenaikan tarif di Jakarta  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya