Polisi: Jam Macet di Jakarta Berubah

Macet
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat adanya perubahan jam kemacetan saat pulang kerja di Ibukota. Petugas dikerahkan untuk mengatur kendaraan mulai pukul 14.00 dari sebelumnya pukul 15.00 WIB.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Wahyono, menjelaskan perubahan jam kemacetan sudah terjadi selama satu tahun belakangan ini. Menurut Wahyono, ini diakibatkan bertambahnya kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan.

"Tahun lalu pukul 21.00 WIB harus sudah clear, sekarang pukul 22.00 WIB malam baru bisa. Kami berlomba agar batasan akhir angkutan berat masuk ke kota sudah bebas dari kendaraan, karena nanti semakin parah di mana truk sudah masuk dan jalanan belum lancar," kata Wahyono, Kamis, 22 November 2012.

Selain jam, hari kemacetan ikut berubah. Wahyono mengatakan belakangan ini jam macet yang parah berlangsung setiap Rabu dan Jumat.

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Hari Rabu adalah waktu perputaran keuangan meningkat sehingga aktivitas warga yang menggunakan jalan juga bertambah. "Sedangkan hari Jumat, biasanya pegawai swasta yang bekerja lima hari memanfaatkan liburan sehabis pulang kerja. Yang rumahnya di luar Jakarta pasti pulangnya mingguan juga maka di situlah puncaknya," jelas Wahyono. (sj)

Gesits luncurkan motor listrik Timnas Indonesia di IIMS 2024

Pakai Skema Baterai Swap, Harga Motor Listrik Gesits Bisa Jadi Rp15 Juta

Gesits melakukan kerja sama dengan Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk memproduksi baterai secara lokal.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024