Ahok: MRT Tak Akan Korbankan Stadion Lebak Bulus

Stadion Lebak Bulus, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAnews - Sebelum memutuskan untuk meneruskan proyek Mass Rapid Transit (MRT) atau tidak, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, menyatakan akan mengkaji dan mendesain ulang pembangunan MRT agar tidak perlu membongkar stadion Lebak Bulus.

"Kita tidak perlu mengorbankan sebuah GOR Lebak Bulus," ujar Basuki di Balai Kota, 21 November 2012.

"Kalau itu dibongkar, mau bangun di mana lagi? Lebih baik kembali ke desain awal, kita konsisten. Di desain awal tidak ada bongkar stadion," ujarnya. "Kalau mau mengubah desain baru alasannya apa? Kalau tidak ada alasan, Pak Gubernur tidak bisa loloskan," katanya.

Seperti yang diketahui, MRT yang berbasis rel rencananya akan membentang sekitar 110,3 kilometer, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang 23,3 kilometer dan Koridor Timur – Barat  sepanjang 87 kilometer.

Pembangunan Koridor Selatan-Utara dari Lebak Bulus – Kampung Bandan dilakukan dalam 2 tahap, yakni Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15,2 kilometer dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.

Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1 kilometer yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2018, dipercepat dari target awal 2020. Untuk tahap ini studi kelayakannya sudah selesai.

Sementara itu, Koridor Barat-Timur saat ini sedang dalam tahap pre-feasibility study. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024- 2027. (eh)

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas
Ilustrasi lift.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ukurannya yang sangat besar, elevator atau lift penumpang terbesar di dunia ini mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri dari 18 katrol besar, 9 kabel baja.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024