Kepada PM Swedia, Jokowi Mengaku DKI Butuh Bantuan

Jokowi bertemu PM Swedia Fredrik Reinfeldt
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman

VIVAnews - Perdana Menteri Swedia, Fredrik Reinfeldt, bertemu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Monumen Nasional sore ini. Berdasarkan pantauan VIVAnews, Reinfeldt tiba di Monas pukul 14.50 WIB. Setibanya di depan Tugu Monas, Reinfeldt langsung disambut oleh Jokowi dan beberapa Kepala Dinas DKI Jakarta.

Usai bersalaman, Jokowi kemudian mengantar Reinfeldt dan rombongan mengelilingi area tugu Monas. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak Reinfeldt ke tempat penyimpanan replika naskah Proklamasi di lantai dasar Monas. Jokowi mengajak PM Swedia menyaksikan pembacaan teks Proklamasi dan lagu Padamu Negeri.

PM Reinfeldt juga diperlihatkan lambang burung garuda. Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan arti dan makna simbol yang ada dalam burung garuda.

PM negeri asal produsen mobil Volvo itu diajakĀ  menaiki puncak tugu Monas. Di puncak tugu monas, Jokowi dan Reinfeldt sempat berbincang beberapa menit. Keduanya bercengkrama tentang Kota Jakarta.

"Sepertinya ini kota yang cukup padat," ujar Reinfeldt. "Sebenarnya ini kota yang kecil, bila dibanding di sana (Swedia). Walau kota kecil namun kami punya budaya yang beragam," jawab Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa Jakarta adalah kota metropolitan yang saat ini perkembangannya cukup pesat. "Ini kota sedang yang berkembang. Saya gubernur baru, dan saya sedang menatanya. Kami perlu banyak bantuan dari luar, kami butuh kerja sama lebih dalam," ucapnya.

PM Reinfeldt tiba di Jakarta pada Selasa malam untuk kunjungan kerja selama dua hari. Dia ditemani Menteri Perdagangan Ewa Bjorling dan rombongan pebisnis Swedia yang tertarik untuk membuka bisnis baru maupun melebarkan investasi mereka di Indonesia. (umi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024