Soal Tuntutan Buruh, Jokowi Ambil Jalan Tengah

Jokowi Tinjau Rusun Tanah Tinggi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ratusan buruh yang tergabung dalam Forum Buruh DKI Jakarta melakukan unjuk rasa di depan Balaikota DKI Jakarta. Mereka menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi Rp2,8 juta per bulan. 

BAF Lions Run, Berlari untuk Mendukung Insan Berkemampuan Khusus di Indonesia

Menanggapi tuntutan itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku lebih memilih jalan tengah. Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum bisa memutuskan berapa kisaran UMP yang akan ditetapkan.

"Saya berprinsip, asal semuanya jalan. Kalau dua juta, perusahaan tidak jalan, kemudian tutup bagaimana? Yang rugi kan smuanya," ujar Jokowi di Jakarta,  Selasa 13 November 2012.

Untuk itu, dia berharap ada jalan tengah yang diambil dan dapat diterima kedua belah pihak, baik pekerja dan perusahaan. "Kalau mau berapa juta pun perusahaan jalan, buruh juga senang. Itu yang kami inginkan semua," katanya.

Mengenai berapa kisaran ideal UMP untuk pekerja di DKI Jakarta, Jokowi masih belum bisa menjawab. "Belum ada keputusan, masih dalam hitung-hitungan supaya pas semuanya," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi juga mempersilakan para buruh untuk menggelar aksi demonstrasi. "Ya ndak apa-apa, wong demo itu kan hak dari serikat, silahkan untuk demo," tuturnya. (asp)

Veteran Pejuang, Jemaah Tertua Harjo Mislan Senyum Lihat Merah Putih di Baju Petugas Haji
Jemaah Haji Indonesia tiba di Madinah Arab Saudi

Penting, Jemaah Haji Harus Kenakan Kartu Identitas Agar Mudah Dikenali Saat Tersesat

Kartu identitas ini sangat penting untuk mendapatkan informasi terkait lokasi penginapan para jemaah haji Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2024