BMKG: Musim Kemarau di Jakarta Telah Berakhir

Kabut Tebal Selimuti Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan musim kemarau di wilayah DKI Jakarta telah berakhir. Saat ini telah memasuki musim penghujan.

"Perkiraan kami untuk Jakarta bagian utara masuk musim hujan awal November, sedangkan Wilayah selatan Jakarta, Tangerang dan Depok mulai masuk musim hujan akhir Oktober," ujar Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto kepada VIVAnews, Jumat 9 November 2012.

Menurut Kukuh, selama 10 hari ke depan, Jakarta akan mengalami hujan dalam durasi pendek yang berlangsung pada siang, sore dan menjelang malam. "Dalam 10 hari di atas 50 milimeter. Sifat-sifat yang terjadi lebih cenderung hujan- hujan transisi, atau hujan lokal," ujarnya.

Meski dalam kondisi normal, Kukuh mengimbau masyarakat agar tetap waspada mengingat salah satu sifat hujan lokal dan transisi adalah sporadis disertai angin kencang.

"Sifat hujan pada masa ini diwarnai petir, angin kencang, hujannya cukup lebat namun durasinya pendek sekitar satu sampai dua jam," katanya.

Hujan lokal pada masa transisi ini akan berlangsung selama satu bulan ke depan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta untuk siaga menghadapi banjir pada musim hujan kali ini. (eh)

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi
Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024