METRO

Siapa Pemilik Buddha Bar

Sejumlah anak pejabat diduga turut memiliki saham Buddha Bar.
Kamis, 5 Maret 2009
Oleh : Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti
Cafe Buddha Bar

VIVAnews - Raymond Visan asal Paris pada tahun 1996-lah yang pertama kali mendirikan Buddha Bar. Sejak itu, Buddha Bar menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Itulah tulisan pembuka dalam situs resmi Buddha Bar, Kamis, 5 Maret 2009. Ketika pertama kali diklik, welcome page situs ini bergambar patung Buddha berwarna kuning keemasan.

Buddha Bar merupakan usaha waralaba George V Restauration yang berpusat di Prancis. Di Jakarta, lisensinya dipegang PT Nireta Vista Creative.

Sejumlah anak pejabat tanah air diduga turut memiliki saham Buddha Bar. Salah satunya adalah Reni Sutiyoso, putri mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Namun, hal itu dibantah sang bunda, Rini Sutiyoso. "Dia (Reni) bukan pemiliknya. Dia hanya PR (public realation atau humas) saja," kata Rini Sutiyoso kepada wartawan kemarin, Rabu 4 Maret 2009. "Di akta (usaha) juga nggak namanya kok."

Bar mewah yang banyak memajang patung Buddha itu juga ada di sejumlah kota besar dunia seperti Dubai, Kiev, Dublin, London, Kairo, Beirut, Sao Paulo, dan New York.

Belum genap setahun Buddha Bar beroperasi di Jakarta, bar mewah itu mendapat kecaman dari sejumlah komunitas Buddha. Bar itu dianggap melecehkan umat Buddha. Pemilik dituntut untuk mengganti nama dagang dan melepas atribut Buddha dari tempat hiburan malam itu.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found