Busway Bekasi-Pulogadung Rampung Desember 2012

Busway Tabrak Busway
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan Bus TransJakarta "Koridor Extension" jurusan Pulogadung-Bekasi mulai beroperasi pada akhir 2012 nanti. Pengerjaan proyek Bus TransJakarta ini sendiri menelan biaya Rp17 miliar dari APBD DKI Jakarta.

"Saat ini tengah dalam pengerjaan. Target, Desember nanti, jalur Bus TransJakarta ini sudah bisa di lalui," ujar Kepala Seksi Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Yudi Febriyadi.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Saat ini, pengerjaan proyek moda transportasi massal ini telah mencapai tahap pembetonan jalan di sepanjang Jalan Raya Bekasi mulai dari Terminal Pulogadung hingga kawasan perbatasan Bekasi.

"Jalan yang tadinya hanya aspal ini harus dibeton agar mampu menahan beban Busway yang akan beroperasi nanti," ujar Yudi.

Dikatakan oleh Yudi, proses pembetonan sediri, ditargetkan selesai dalam waktu dua pekan mendatang. "Jalur yang akan dibetonkan ini panjangnya sekitar 7 kilometer."

Terkait pembetonan ini, Yudi berharap masyarakat maklum bila arus lalulintas   terhambat.  "Para pengguna kendaraan bermotor dapat menghindari jalan tersebut atau mencari jalur alternatif," ujarnya.

Yudi mengatakan, Jalur Bus Trans Jakarta  ini akan membentang dari terminal Pulogadung  hingga putaran balik Jalan raya Bekasi di sekitar Komplek Harapan Indah, Bekasi.

"Di sepanjang jalur ini nantinya akan dibangun tanpa separator sehingga bisa juga dilalui kendaraan bermotor lainnya," ujarnya.

Selain akan dilintasi Bus Trans Jakarta, pada jalur tersebut juga dapat dilalui oleh Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Pulogadung-Bekasi. Sehingga diharapkan pula APTB semakin banyak diminati masyarakat.

Dengan beroperasinya Bus Trans Jakarta Yang melintas dari Pulogadung- Bekasi ini, diharapkan pengguna kendaraan pribadi dari Bekasi yang masuk kedalam wilayah Jakarta semakin berkurang.

"Dengan adanya Busway Jakarta- Bekasi ini, kami harap pengguna kendaraan pribadi dari Bekasi dan sekitarnya dapat beralih menggunakan Busway, sehingga dapat mengurangi kepadatan kendaraan di Jakarta," imbuh Yudi. (adi)

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024