METRO

Salat di Istiqlal, Jokowi Diapit SBY dan JK

Jokowi salat di saf terdepan, diapit Presiden SBY dan Jusuf Kalla.
Jum'at, 26 Oktober 2012
Oleh : Elin Yunita Kristanti, Tommy Adi Wibowo, Suryanta Bakti Susila
Jokowi Sholat Ied diapit SBY dan JK

VIVAnews -- Mengenakan peci hitam, jas dengan warna senada, dipadu bawahan sarung putih, Joko Widodo Salat Idul Adha di barisan (saf) terdepan di Masjid Istiqlal. Ia berada tepat di samping kanan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang memakai jas dan sarung biru. Di sebelah kanan Jokowi, ada mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Ini adalah Idul Adha pertama bagi Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ditanya mengapa ia ikut salat di Masjid Istiqlal, Jokowi mengaku, untuk mendampingi Presiden.

Diminta presiden atau inisiatif sendiri? Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Fauzi Bowo juga kerap Salat Idul Adha di Istiqlal. Jawab Jokowi,"Kan dampingi presiden, kok diminta."

Pagi tadi Jokowi juga mendampingi SBY saat menyerahkan hewan kurban di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta. Tahun ini Presiden berkurban seekor sapi seberat 1.007 kilogram.

Namun, Jokowi tidak menyerahkan hewan kurbannya di sana. Ia menyerahkan sapi untuk di sembelih di balaikota, dan beberapa kambing di sejumlah kampung. Tidak diketahui berapa hewan yang dikurbankan hari ini.

Apakah ada perbedaan antara lebaran Idul Adha di Jakarta dan Solo? "Dari Sabang sampai Merauke sama," kata Jokowi, yang selepas acara balaikota langsung berkeliling kampung, bersilaturahmi dengan warga.

47 sapi, 36 kambing

Jumlah hewan kurban dari warga yang dikumpulkan lewat Masjid Istiqlal terkumpul 47 sapi dan 36 kambing. Dua ekor sapi dari keluarga Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono.

Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Subandi mengatakan, panitia kurban akan mulai pemotongan hewan kurban nanti sore, pukul 16.00. Pembagian ke warga yang berhak akan dilakukan besok pagi.

"Pembagian, kita siapkan seribu tempat duduk, warga duduk manis dulu nanti berangsur kita panggil baris depan ambil kupon. Tertib," kata Subandi di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2012.

Subandi menuturkan, panitia mengambil pelajaran penting dari pembagian tahun sebelumnya yang sempat diwarnai kericuhan sehingga disiapkan sistem antrian itu. "Kami siapkan sistem, mudah-mudahan tertib. Kita buka jam 2 malam," katanya.

Menurutnya, panitia menyiapkan lima ribu kupon. "Kupon kita siapkan 5000, walaupun jumlahnya sangat tergantung daging yang kita terima," katanya.

Subandi menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan Polres Jakarta Pusat untuk pengamanan pembagian itu.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found