Ini 13 Kesepakatan Ahok dengan Buruh Terkait Upah

Ahok Temui Ribuan Buruh
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI dan perwakilan serikat pekerja se-Jabodetabek, sudah merumuskan sejumlah poin penting terkait masalah Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI. Pembahasan atas masalah upah itu dilakukan di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 24 Oktober 2012.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Dalam rapat itu diputuskan 13 hal penting, yang akan dikaji lebih dalam oleh Kadisnakertrans DKI, Dedet Sukandar.  Sejumlah poin itu sebagai berikut.

1. Kebutuhan hidup layak (KHL) tidak boleh ditetapkan berdasarkan rata-rata hasil survei di tahun 2012, akan tetapi ditetapkan berdasarkan hasil survei di bulan Oktober 2012 dan ditambah dengan proyeksi bulan November dan Desember 2012.

2. Tidak ada putusan KHL pada hari ini (24 Oktober 2012).

3. Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI tahun 2013 mempertimbangkan besaran inflasi di tahun berikutnya dan penetapan upah minumum di sejumlah wilayah penyangga Jakarta.

4. Pemerintah akan mengusut dugaan adanya mafia politik upah murah.

5. Pemerintah DKI akan mengkaji komponen KHL yang  jumlahnya 100 item, untuk pekerja lajang dan 122 item untuk pekerja yang berkeluarga.

6. Penetapan UMP dan UMSP ditetapkan dalam satu paket ketetapan dan dalam waktu yang bersamaan.

7. Penetapan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) sektor ritel, perkayuan dan printing serta delapan perusahaan di sektor logam, elektronik dan mesin dimasukkan dalam tambahan sektor unggulan.

8. Pada 2 November 2012 akan diadakan pertemuan pada pukul 08.00 untuk penetapan KHL 2013 dengan mengundang unsur pengusaha dan perwakilan serikat pekerja yang hadir pada hari ini.

9. Pemerintah akan turun ke lapangan untuk memeriksa pelanggaran praktek outsourching dan mencabut izin perusahaan outsourching yang melanggar.

10. Semua proses interview karyawan di perusahaan (terutama di ruang tertutup) wajib menggunakan CCTV.

11. Pengawasan ketenagakerjaan harus aktif turun ke lapangan, dan ketika turun ke lapangan harus menemui dan mendapatkan tanda tangan dan dokumentasi dari serikat pekerja.

12. Pemerintah meminta buruh untuk membantu memberantas pungli terhadap penguasa di DKI.

13. Keterwakilan unsur pekerja di dewan pengupahan merujuk pada Kepmen 201 yang ditebitkan tahun 2001.

Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024