Wiyogo, Gubernur DKI yang Disiplin dan Pekerja Keras

Wiyogo Atmodarminto
Sumber :

VIVAnews – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Wiyogo Atmodarminto, tutup usia di Rumah Sakit MMC, Jakarta, Jumat malam 19 Oktober 2012.

Kepergian Wiyogo yang mendadak di usia 85 tahun menyisakan duka mendalam bagi keluarganya. Selama ini Wiyogo tak pernah menunjukkan tanda-tanda sakit. Apalagi Wiyogo juga rajin berolahraga. Kesehatan purnawirawan TNI itu terbilang prima.

Menantu pertama Wiyogo, Sumantri Slamet, menceritakan Jumat sore kemarin sekitar pukul 18.30 WIB seusai salat magrib, Wiyogo terlihat bermandikan keringat. Tak lama kemudian, Wiyogo tak sadarkan diri. “Kami buru-buru bawa ke Rumah Sakit MMC. Di dalam mobil pun tidak sadar-sadar lagi,” ujarnya.

Sesampai di RS MMC, almarhum langsung mendapat segala macam pertolongan. “Dikasih alat kejut jantung, pernafasan. Tapi sepertinya terlambat. Lalu dinyatakan meninggal dunia pukul 20.20 WIB,” ucap Sumantri.

Pejuang

Sumantri mengisahkan, Wiyogo yang pernah bergabung dalam Tentara Nasional Indonesia merupakan salah satu pejuang kemerdekaan yang tangguh. “Bapak sudah berjuang dari tahun 1945,” kata Sumantri di rumah duka, Jalan Banyumas 11 A, Menteng, Jakarta Pusat.

Letjen TNI (Purn) Wiyogo Atmodarminto yang lahir di Yogyakarta, 22 November 1922, pernah menjabat Panglima Kowilhan II (1981-1983) dan Panglima Kostrad (19 Januari 1978-1 Maret 1980). Dia juga merupakan salah satu pelaku sejarah pada peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1966 di Yogyakarta.

Wiyogo pernah menjadi Duta Besar RI untuk Jepang. Almarhum juga menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 1987-1992. Kedisiplinan, dedikasi, dan kerja kerasnya sewaktu bertugas di militer itulah yang ia terapkan saat memimpin Jakarta.

Wiyogo yang akrab disapa Bang Wi ini rutin berkunjung ke berbagai tempat di Jakart semasa memimpin DKI. Dia dikenal sebagai pemimpin yang terbuka dan disiplin. Di awal kepemimpinannya, dia menerapkan konsep BMW – Bersih, Manusiawi, berWibawa – di Jakarta.

Wiyogo meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak. Bambang Atmanto, anak bungsu Bang Wi, menyatakan almarhum ayahnya semasa hidup terkenal sebagai orang yang normatif namun mengikuti perkembangan jaman. Bang WI juga selalu melihat perubahan dalam hasil setiap pilkada.

Bambang mengenang, sewaktu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Wiyogo yakin bisa berbuat lebih baik untuk Jakarta. Almarhum juga selalu mengajarkan kepada anak-anaknya untuk selalu saling menghormati orang lain, terutama kepada yang lebih tua.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024