Ahok Bertemu Adhi Karya Bahas Monorel

Ahok Jaga Kantor
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pagi ini melakukan pertemuan dengan PT Adhi Karya. Pertemuan guna membahas kelanjutan pembangunan proyek monorel di Jakarta.

"Saya mau ketemu Adhi Karya untuk monorelnya mau diteruskan seperti apa? Kami berharap, green line yang turun di Jakarta bisa ada monorel untuk mengurangi kemacetan," kata Basuki sebelum memasuki ruang pertemuan di Gedung Balai Agung, Balaikota, Jumat 19 Oktober 2012.

Meski demikian, pria yang biasa disapa Ahok ini belum memastikan kapan pembangunan monorel dilanjutkan. Karena semua tergantung pihak PT Adhi Karya.

"Tergantung Adhi Karya mau teruskan atau tidak. Adhi Karya sudah investasi. Sempat waktu itu uangnya diganti Pemprov, tapi nilainya tidak ketemu. Kami minta Adhi Karya uraikan bagaimana soal investasi untuk bangun monorel. Ya harganya bisa ditentukan," ujarnya.

Proyek monorel memang diharapkan dapat mengurai kemacet Jakarta. Apalagi, sebagai Ibukota dan pusat metropolitan Jakarta tak pernah lepas dari "penyakit" yang satu itu.

Untuk itu, Ahok berharap dengan monorel ini bisa membantu mengurai kemacetan di Jakarta. "Kami berharap di bawah tiga tahun kemacetan agak bisa terurai," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama Adhi Karya, Kiswo Darmawan menjelaskan, untuk membangun Jakarta Monorail usungan konsorsium Adhi Karya, LEN, INKA itu dibutuhkan kerja sama dengan BUMD DKI.

"Konsorsium BUMN akan di bawah 50 persen, karena kami sebagai pendidik saja," kata Kiswo di Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2012. Proyek monorel yang akan dibangun konsorsium Adhi Karya ini akan menelan investasi sebesar Rp60,55 triliun.

Namun, untuk tahap pertama akan menghabiskan dana Rp12 triliun yang pendanaannya diambil dari kas internal dan perbankan. Rencananya, monorel ini akan dibangun sepanjang 60 kilometer dan akan menggantikan 121 kilometer jalur busway.  (umi)

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024