Ribuan Buruh Blokir Kawasan Industri Pulogadung

Demo buruh di kawasan Pulogadung
Sumber :

VIVAnews - Demonstrasi buruh di Kawasan Industri Pulogadung sudah mulai menampakan geliatnya sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu 3 Oktober 2012. Massa buruh tergabung dalam Majelis Pekerja dan Buruh Indonesia (MPBI) mengawali aksinya menutup beberapa titik jalan di sekitar Kawasan Industri Pulogadung.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, mereka terlebih dahulu melakukan longmarch ke setiap pabrik untuk melakukan sweeping ke dalam kawasan. Mereka mendatangi pabrik-pabrik, mengajak pekerja dan buruh untuk turut bergabung di pintu masuk JIEP di Jalan Kawasan Industri.

Bila ada buruh yang terlihat masih bekerja, maka mereka menyoraki dan meminta untuk keluar mengikuti aksi mogok. "Ayo keluar, kita mogok bersama, jangan kerja terus, bagaimana upah mau naik kalau kita tidak bersatu," ujar seorang buruh.

Akses jalan menuju Kawasan Industri Pulogadung yang ditutup yakni Jalan Pulo Buaran, Bekasi Raya, Jalan Kawasan Industri, dan Pulogadung Trade Center (PTC) yang menjadi titik-titik masuk kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP).

Salah seorang koordinator Aksi Sekjen Percetakan Penerbit Media Informasi (PP PMI), Fredy Sembiring, mengatakan Jalan Kawasan Industri yang menjadi titik masuk ke kawasan ini akan menjadi pusat aksi.

"Kami pastikan saat ini di Pulogadung, sekitar 500.000 ribu buruh yang bekerja di sekitar 300 pabrik telah mengikuti aksi mogok," ujarnya.

Ia meyakini jumlah massa yang begitu besar dapat melumpuhkan kegiatan produksi pabrik di Kawasan Industri Pulogadung. "Kami aksi, dan orasi di sini. Kawan-kawan yang lain dari serikat dan federasi lain akan bergabung juga di sini," kata Fredy di lokasi aksi.

Akibat aksi ini para pengendara tak dapat masuk ke dalam kawasan. Mereka diminta untuk memutar balik. Pengendara motor yang mencoba menerobos barikade demonstrasi ditentang keras buruh.

Bahkan salah seorang pengendara motor terkena pukulan salah seorang demonstran. Penutupan jalan ini berlaku juga bagi kendaraan milik tvOne yang kantornya berada di dalam kawasan.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran
Jayabaya.

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Ramalan Jayabaya menyoroti kemungkinan timbulnya konflik besar yang berupa perang dunia ketiga yang terjadi antara Iran dan Israel pada tahun 2024 ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024