Polisi Ancam Tindak Tegas Buruh Jika Blokir Jalan Tol

Demo Buruh Tolak BBM Naik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Polda Metro Jaya mengimbau massa buruh agar tidak merusak dan mengganggu fasilitas umum saat berunjuk rasa hari ini, Rabu 3 Oktober 2012. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol. Rikwanto mengatakan pihaknya akan memberikan tindakan tegas bagi buruh yang menutup tol atau akses jalan.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Menurutnya, polisi telah melakukan komunikasi dan pendekatan kepada seluruh koordinator lapangan aksi demo buruh. "Kami imbau mogok kerja tidak berkembang dan mengganggu aktivitas publik, seperti menutup akses tol dan lainnya," ujar Rikwanto kepada VIVAnews.

Sebanyak 15 ribu personel gabungan yang terdiri dari 10 ribu anggota Polri dan 5 ribu anggota TNI diterjunkan untuk mengamankan demo buruh itu.

Rikwanto mengatakan diperkirakan jumlah buruh yang berunjuk rasa dan mogok kerja mencapai ratusan ribu, tersebar di 12 provinsi, 37 kabupaten, dan 745 perusahaan. "Aksi ini dilakukan di kawasan industri maupun lingkungan sekitar pabrik masing-masing buruh," ujarnya.

Meski demikian, dia mengatakan, Polda tidak menganggap remeh aksi buruh yang dilakukan di dalam pabrik. Sebab, tidak tertutup kemungkinan massa buruh akan turun ke jalan dan menggelar aksi di luar rencana yang sudah disepakati bersama kepolisian.

Belajar dari aksi buruh sebelumnya yang sampai menutup jalan tol dan melumpuhkan Jakarta, kini semua lokasi yang dinilai rawan dijadikan titik kumpul para buruh sudah dijaga ketat petugas keamanan.

 Gempa Bumi Berpusat di Garut Jawa Barat Berkekuatan 6,5 SR

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Warga di Garut merasakan gempa bumi sangat kencang. Bahkan kaca rumah terlihat bergetar. Hingga mereka berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024