Antisipasi Ricuh, Stasiun KRL Dijaga Ketat

Penertiban Penumpang KRL
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Antisipasi terjadi kericuhan akibat naiknya harga tiket KRL Commuter Line, Polresta Depok, menyiagakan sejumlah personelnya di seluruh stasiun yang ada di Depok, Jawa Barat.

Pantauan VIVAnews di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Depok Lama, Senin 1 Oktober 2012, sebagian penumpang memilih menggunakan KRL Ekonomi. Sehingga tak heran, kereta itu menjadi penuh sesak dijubeli para penumpang sampai ke atap. Kendati demikian, sampai saat ini situasi masih kondusif.

Kepala Bagian Operasional Polresta Depok, Komisaris Suratno, menyatakan akan terus melakukan pengamanan di sejumlah stasiun hingga satu pekan mendatang. "Hanya antisipasi saja. Kami khawatir ada kericuhan atau hal-hal yang sifatnya mengganggu kenyamanan penumpang kereta," kata Suratno.

Sekretaris Perusahaan PT Kereta Api Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, mengatakan bahwa pihaknya terpaksa menaikkan harga tiket Commuter Line sebesar Rp2.000 lantaran berbagai faktor, salah satunya ialah untuk menutupi utang yang telah menggunung.

"Commuter Line kan bukan kereta bersubsidi. Sehingga pengadaannya pun harus diperhitungkan. Terkait hal itu pula, saat ini kami terus berbenah untuk menjaga kenyamanan penumpang, salah satunya dengan menambah armada," kata Makmur di Stasiun Depok Baru.

Saat ini, lanjut Makmur, 30 rangkaian Commuter Line telah didatangkan dari Jepang. Harga per satu rangkaian mencapai Rp1 milliar. Kendati bukan barang baru, namun Makmur meyakini, kondisi rangkaian kereta itu masih layak pakai.

Pj Gubernur Sumut Masih Optimis Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Olimpiade

"Kami hanya menyesuaikan dengan biaya. Kalau beli baru, harga satu rangkaian mencapai Rp10 miliar. Kalau kami paksakan, maka harga tiket bisa mencapai Rp50 ribu dan ini akan sangat membebani masyarakat," tandasnya.

Berikut harga tiket terbaru Commuter Line:

Depok-Jakarta Kota/Jatinegara Rp8.000
Depok-Bogor Rp8.000
Depok Bekasi Rp16.500
Depok-Tanggerang Rp15.500
Depok-Serpong Rp16.000

Daftar harga kartu Commuter Electronic Ticketing

KTB Commet

Jiper Dibobol Iran, Israel Bangun Iron Dome Versi Online

Depok-Jakarta Kota / Jatinegara Rp317.000
Bogor-Jakarta Kota / Jatinegara Rp357.000
Bekasi-Jakarta Kota / Jatinegara Rp337.000
Serpong-Jakarta Kota / Jatinegara Rp317.000
Tanggerang-Jakarta Kota / Jatinegara Rp297.000

KLS Commet Rp 188.000

Transformasi Guraru dari Acer, Keuntungan yang Didapatkan Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Maudy Ayunda.

Suka Lupa Re-apply Sunscreen di Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Maudy Ayunda Jaga Kulit

Udara yang sangat panas ini juga dirasakan oleh aktris Maudy Ayunda. Wanita kelahiran 1994 itu mengaku sebagai orang yang sangat suka beraktivitas di luar ruangan.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024