KRL 8 Gerbong Khusus Perempuan Siap Diluncurkan

KRL di Stasiun Bekasi
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) segera meluncurkan rangkaian Commuter Line khusus wanita. Satu rangkaian yang terdiri dari delapan gerbong itu hanya mengangkut penumpang wanita.

Selama ini dari tiap rangkaian hanya dua gerbong yang dibuat khusus perempuan, yakni di gerbong pertama dan terakhir. "Dalam waktu dekat akan dioperasikan," kata Sekretaris Perusahaan PT KCJ Makmur Syaheran kepada VIVAnews, Jumat 28 September 2012.

PLN Indonesia Power Sabet Penghargaan dari World Safety Organization

Dia menjelaskan nantinya di tiap gerbong akan dijaga oleh dua petugas keamanan yang akan menghalau penumpang laki-laki. "Kami sudah mengantisipasi segala kemungkinan," ucap dia.

Menurutnya satu rangkaian Commuter Line khusus wanita itu akan melayani sebanyak sepuluh perjalanan setiap harinya. Saat ini jadwal kereta khusus wanita itu sedang disusun.

Juru bicara KRL Mania, Nenden Resti, menilai cara itu tidak akan efektif selama jalur yang digunakan hanya dua. "Kalau masih satu jalur tidak akan mengurangi kepadatan penumpang," kata Resti. Selain itu, kata dia, kebijakan tersebut berpotensi diprotes penumpang lain.

Kabupaten Bekasi Sabet Juara Umum MTQ ke-38 Jabar, Pj Bupati: Kita Juara Lahir dan Batin

Apalagi pada akhir pekan banyak keluarga yang naik KRL, dan mereka ingin berada satu kabin. Menurut dia, dua gerbong khusus seperti yang ada sekarang sudah cukup. Kalaupun ditambah cukup satu saja di tengah. "Lebih baik masalah yang ada di depan mata saja diurus seperti kereta sering tak jalan, telat, AC mati, sinyal, wesel dan lainnya," ucap dia. (sj)

Menteri BUMN Erick Thohir

Ekonomi Global Semakin Seram, Erick Thohir Ungkap Sudah Mulai Terjadi Perang Tarif

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir minta introspeksi dari BUMN dan pelaku ekonomi di dunia harus kembali dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024