Ribuan Buruh Ancam Blokir Tol Dalam Kota

Buruh Kembali Turun Ke Jalan Tuntut Hapus Outsourcing
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ribuan Buruh dari berbagai elemen organisasi buruh siang ini memenuhi halaman kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Massa Buruh mendesak agar pintu gerbang Kemenakertrans dibuka, bila tidak dibuka, massa buruh mengancam akan memblokir Jalan tol.

"Kepada Menteri Tenaga Kerja, kami minta buka pintu gerbang sekarang, atau kalau tidak kami akan robohkan," ujar salah seorang orator, Kamis 27 September 2012.

Orator tersebut mengancam bila pintu gerbang tidak dibuka maka ratusan buruh yang telah berkumpul saat ini akan memblokir jalan tol. "Kalau tidak juga dibuka, maka jangan salahkan kami kalau nanti jalan tol akan kami blokir," ujarnya.

"Bila dalam hitungan 10 belum dibuka, maka seluruh buruh balik kanan, kita dobrak gerbang tol," kata sang orator itu.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Berdasarkan pantauan VIVAnews, massa buruh sempat menggoyang-goyangkan pintu pagar karena kesal pintu belum juga belum dibuka. Setelah melakukan negoisasi dengan pihak Kemenakertrans, akhirnya pintu pagar pun dibuka. Ratusan buruh ini kemudian beramai-ramai masuk kedalam area halaman gedung Kemenakertrans.

Di halaman kantor Kemenakertrans massa buruh yang terdiri dari FSPMI, KSBSI, KSPSI dan puluhan organisasi buruh lainnya ini kemudian memasuki halaman kantor kementerian dengan pengawalan puluhan aparat kepolisian yang telah berjaga di dalam kantor Kemenakertrans.

Di halaman kantor Kemenakertrans ratusan buruh yang jumlahnya terus bertambah ini melakukan orasi dan membentangkan berbagai spanduk tuntutan penghapusan sistem outsourcing dalam Undang-undang Ketenagakerjaan.

Buruh juga menuntut agar kemenakertrans melakukan revisi permenaker No. 13 2012 (upah layak Nasional) tentang komponen KHL Minimal 86 item. Selain itu buruh juga menuntut kepada pemerintah dan DPR RI agar secepat mungkin memberlakukan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Aksi buruh kali ini mendapatkan pengawalan dari ratusan anggota kepolisian yang dilengkapi denganĀ  dari Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya. Selain itu satu unit mobil water cannon di siagakan untuk mengamankan aksi buruh tersebut.

Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024