Foke: Datang Tampak Muka, Pulang Nampak Punggung

Fauzi Bowo Sambangi Warga Kuningan Barat
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menyampaikan salam perpisahan kepada ratusan PNS Pemerintah Kota Jakarta Timur, Selasa, 25 September 2012. Dalam pidato terakhirnya sebagai gubernur DKI Jakarta, Fauzi berjanji tetap akan memberikan kontribusi bagi pembangunan Jakarta.

"Hari ini tidak ada arahan, hanya mau pamit, yang penting saya datang tampak muka pulang tampak punggung, tidak perlu ada yang mewek juga. Saya juga tidak akan pulang kampung, di sini kampung saya," ujar Fauzi Bowo di kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Tidak seperti biasanya yang selalu terlihat lantang ketika memberikan pengarahan kepada para bawahannya, kali ini Foke, sapaan akrabnya, berbicara dengan nada rendah. Ia mencurahkan isi hatinya karena harus melepas jabatan gubernur dan karirnya sebagai birokrat selama lebih 40 tahun.

"Kalau ada kata yang tepat untuk gambarkan perasaan ini, saya juga kecewa 46 tahun di DKI saya harus berpisah," kata Foke.

Namun Foke mengaku tetap ikhlas walau harus melepas jabatannya sebagai gubernur selama limat tahun bergulir. "Ini memang tidak menggembirakan tapi ini suratan Allah yang harus diterima dengan ikhlas. Saya tetap tegar dan ini tidak berpengaruh pada diri saya," ujarnya.

"Ibarat baca buku, bab satu sudah dibaca, kita harus baca bab yang lain. Jadi harus teruskan di tempat lain. Saya harap kekecewaan tidak merembet ke jajaran Pemprov DKI Jakarta," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu dia berpesan kepada para bawahannya untuk tetap bekerja semaksimal mungkin meski tampuk kepemimpinan telah berganti. "Gaya kepemimpinan boleh berubah, orang boleh berbeda, yang jelas jangan lupa, lihat dari visi ke depan adalah untuk rakyat Jakarta," imbuh Foke.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PNS di seluruh Pemerintahan Jakarta Timur yang telah mendukung dirinya dan juga memilihnya ketika Pemilukada lalu.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

"Yang telah berikan dukungan, saya terima kasih, kalau kemarin ada yang tidak memilih "Bang Kumis" saya udah ikhlaskan," ujar Foke sambil tertawa.

"Saya pro demokrasi, saya tidak akan halangi ini berjalan, komitmen saya pada demokrasi sudah saya tunjukkan," kata dia.

Pantauan VIVAnews, setelah Foke menyampaikan pidato perpisahannya tersebut, ratusan PNS kemudian secara bergantian menyalami Fauzi Bowo, tidak sedikit PNS yang menunjukkan raut wajah sedih dan meneteskan air mata ketika menyaksikan pidato perpisahan dan menyalami orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut. (adi)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan telah sepakat dengan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk melanjutkan kontrak hingga 2027.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024