Dicatut TrioMacan2000, Staf Hatta Rajasa Lapor Polisi

Abdul Rasyid, staf Menko Perekonomian Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Ruqoyah

VIVAnews - Abdul Rasyid, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mendatangi sentra pelayanan Kepolsian Polda Metro Jaya. Ia melaporkan dugaan pencemaran nama baik, karena dirinya diduga sebagai salah satu admin dari situs www.triomacan2000.net.

"Saya melaporkan situs www.triomacan2000.net karena sehubungan dengan tulisan atau pemuatan kabar bohong dan pencemaran nama baik," ujar Rasyid di Polda Metro Jaya, Senin 24 September 2012.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Dia menjelaskan, selain dituding sebagai salah satu admin, dalam situs itu juga diterangkan jika dirinya menikmati korupsi dari hasil proyek koperasi dan juga pernah dipecat sebagai Direktur Pengelola Kawasan di Kemayoran.

Rasyid mengaku tidak mengenal siapa pemilik situs itu. Dalam laporan No Lp TBL/3250/IX/2012/PMJ/Ditreskrimsus, barang bukti yang dibawa yakni sebuah print out hasil tulisan di situs itu. "Tulisan itu bohong, saya memang pernah menjabat sebagai salah satu direktur di Kemayoran tetapi saya tidak pernah dipecat," kata Rasyid.

Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 27 ayat 1 UU no.11 tahun 2008 jo Pasal 45 ayat 1 tentang pencemaran nama baik melalui situs internet.

Nama situs ini persis dengan naman akun twitter anonim @TrioMacan2000. Akun ini kerap membeber data-data yang belum bisa divalidasi kebenarannya.

Terakhir, saat awal-awal masa Pilkada DKI, akun @TrioMacan2000 menyerang pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Belakangan, menjelang pencoblosan Pilkada DKI putaran dua, akun ini berbalik arah menyerang pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

Selain nama Abdul Rasyid, ada dua nama lain yang dicatut dalam situs ini. Salah satunya Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan. Syahganda sendiri kepada VIVAnews membantah dan menyebut namanya dicatut.

"Saya bukan tipikal orang yang biasa menggunakan cara-cara di ranah twitter untuk suatu pendapat, analisa, maupun komentar, apalagi yang bentuknya tidak secara jelas memakai nama atau dengan menyembunyikan identitas asli," kata Syahganda, Minggu 23 September 2012. Rasyid sendiri mengakui bahwa Syahganda merupakan teman aktivisnya di Jakarta dan Bandung. (umi)

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka
ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024