Alasan Relawan Berikan Jokowi Kijang Innova

Usai Mencoblos, Mega dan Jokowi Gelar Jumpa Pers
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Relawan tim pemenangan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memberikan hadiah kepada Joko Widodo berupa mobil Toyota Innova berwarna putih.

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

Namun, Jokowi belum menerima hadiah mobil dengan nomor plat mobil B 1 JKW dengan alasan untuk mencegah gratifikasi.

Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo, mengatakan tim relawan untuk Jokowi sedang meneliti lebih lanjut mengenai definisi gratifikasi.

"Kami akan meneliti lebih lanjut kepada pihak yang berkompeten, untuk bertanya, apakah hadiah mobil yg akan diberikan kepada Jokowi ini termasuk dalam kategori gratifikasi atau bukan," tutur Budi, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, 23 September 2012.

Kemudian, jika Innova itu masuk kategori gratifikasi, maka relawan tidak jadi memberikan hadiah tersebut. "Tapi kalau boleh, kami akan serahkan mobilnya. Karena memang barangnya sudah ada," ucap Budi.

Budi menyampaikan tim sangat mengapresiasi apa pun penghargaan dan niat baik yang diberikan relawan untuk ekspresikan kegembiraan. "Namun tentu saja semuanya harus sesuai dengan ketentuan hukum dan dalam koridor peraturan yang berlaku," ujarnya.

Adapun maksud pemberian mobil itu, menurut Budi, berasal dari niat baik relawan. Selama kampanye, Jokowi dilihat keluar-masuk kampung.
"Jokowi perlu mobil yang seperti ini, yang memiliki mobilitas tinggi."

Relawan menilai Jokowi tidak menggunakan mobil mewah atau mobil dinas mewah saat mengunjungi warga yang ada di gang-gang yang masih kumuh dan jalanan yang masih jelek. "Itulah sebabnya kami dan para relawan patungan membeli mobil tersebut," tutur Budi.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham
MBS dan Anthony Blinken (Doc: The New Arab)

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anthony Blinken melakukan perjalanan ke Arab Saudi, pada hari Minggu, 28 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024