Kiat Jokowi Hadapi 'Godaan' Pengusaha Kakap

Jokowi Silaturahmi dengan Wartawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Hasil hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei menasbihkan pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama unggul di Pilkada DKI Jakarta 2012. Pasangan Jokowi-Ahok mengalahkan pasangan incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dengan selisih suara yang tipis.

Dengan hasil ini, Jokowi harus mempersiapkan diri untuk menduduki jabatan Gubernur DKI Jakarta. Jika sudah berkantor di balai kota, Jokowi berjanji akan melaksanakan semua janjinya pada masa kampanye.

Salah satu janji itu adalah untuk tidak melakukan korupsi. Jokowi yakin bisa memenuhi janji itu, sebab menurutnya tidak ada celah baginya untuk korupsi.

"Saya memang berasal dari lingkungan dunia usaha. Usaha saya ekspor, keluarga saya juga sama. Jadi tidak ada hubungannya yang bersifat proyek. Yang mau dikorupsi apanya?" kata Jokowi di markas pemenang, Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis 20 September 2012.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar media juga ikut mengawasi pada saat dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta kelak.

"Media juga ikut mengawasi, mengontrol, mengingatkan. Di Jakarta ini memang banyak pengusaha raksasa, aturannya saya itu ya prinsip, tidak boleh tawar menawar," kata dia.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup
Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Willy Aditya.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Dengan beralih mendukung Prabowo-Gibran apakah Nasdem juga akan mengajukan nama-nama kadernya untuk menjadi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran setelah resmi nantinya?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024