METRO

Perempuan Ini Penasihat Spiritual Jokowi

Doanya terasa manjur bagi Jokowi. Namun apa doanya, rahasia.
Jum'at, 14 September 2012
Oleh : Arfi Bambani Amri, Mohammad Adam
Ibu kandung Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo

VIVAnews - Ternyata Jokowi punya tokoh spiritual untuk mendukung kesuksesan perjalanan hidupnya. Tokoh spiritual tersebut adalah sang ibunda, Sujiatmi.

Hal tersebut diakui oleh Sujiatmi dalam buku 'Jokowi Spirit Bantaran Kali Anyar' yang diluncurkan oleh Elex Media Komputindo hari ini, Jumat 14 September 2012. "Dukunnya ibunya sendiri," demikian kutipan Sujiatmi dalam buku tersebut, menjawab pertanyaan apakah Jokowi punya tokoh spiritual saat diwawancarai penulis.

Sujiatmi sendiri mengaku rajin menunaikan shalat tahajud dan memanjatkan doa bagi Jokowi yang merupakan putra tunggalnya agar berhasil menuju cita-cita.

"Saya hanya berdoa biasa dan tahajud tiap malam," ujar Sujiatmi saat memberikan testimoni dalam acara peluncuran buku Jokowi Spirit Bantaran Kali Anyar di Toko Buku Gramedia, Jalan Matraman, Jakarta, Jumat 14 September 2012.

Seorang hadirin peluncuran buku tersebut bertanya, apa doa yang biasa dipanjatkan Sujiatmi itu? "Kalau doa apa, itu rahasia saya," kata Sujiatmi yang kemudian disambut gelak tawa para hadirin.

Sujiatmi pun menuturkan bahwa sebenarnya Jokowi punya cita-cita menjadi pengusaha. "Cita-citanya jadi pengusaha kayu. Kakeknya kan juga pengusaha kayu," kata Sujiatmi.

Cita-cita tersebut terwujud, Jokowi memiliki perusahaan yaitu PT Rakabu di Solo yang bergerak di bidang ekspor kayu dan mebel. PT Rakabu tersebut melayani ekspor ke berbagai negara. Namun kenapa Jokowi akhirnya juga terjun ke dunia politik, menjadi Walikota Solo selama 7 tahun, bahkan hendak menjadi gubernur DKI Jakarta, tidak pernah diperkirakan oleh Sujiatmi.

Sujiatmi mengatakan bahwa dirinya hanya senantiasa melaksanakan salat tengah malam dan berdoa untuk kemudahan bagi Jokowi meraih cita-citanya. Sujiatmi tak pernah menduga bahwa putranya akan menjadi tokoh dan pemimpin di masyarakat.

"Saya tidak tahu besok dia jadi apa. Itu semua anugerah dari Allah," kata Sujiatmi.

Bakat untuk menjadi pemimpin masyarakat yang ada pada Jokowi, menurut Sujiatmi, bisa jadi berasal dari lingkungan keluarga sang suami. Kakek-kakek Jokowi dari garis ayah, kata Sujiatmi, selalu menjadi lurah yang disegani. "Mertua saya itu lurah," kata Sujiatmi.

Harapan Sujiatmi dalam pencalonan Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta, tentu saja Jokowi terpilih sebagai pemenang putaran kedua ini tentu. Namun apabila ternyata tidak terpilih sebagai pemenang, Sujiatmi pun tak akan kecewa.

"Pesan saya kalau dia gagal jadi gubernur DKI, ya kembalilah ke kampung halaman di Solo. Nggak usah dipikir berat-berat," kata Sujiatmi yang disambut tepuk tangan hadirin.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found