Survei INES: Jokowi-Ahok Menang 72 Persen

Jokowi-Ahok bertemu Megawati
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Hasil survei Indonesia Network Elections Survey (INES) yang digelar 28 Agustus-9 September 2012 menunjukkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok), memperoleh dukungan mayoritas warga DKI.

“Survei yang dilakukan menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua ini menunjukkan 72,48 persen masyarakat DKI Jakarta akan memilih pasangan Joko Widodo dan Basuki. Sementara yang memilih pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli hanya 27,52 persen,” kata Direktur Eksekutif INES Sutisna Tri Sasono, Jumat 14 September 2012.

Survei INES itu, terang Sutisna, mengikutsertakan responden masyarakat DKI Jakarta dari berbagai latar belakang dan profesi, termasuk warga asli Betawi. Total responden adalah 10.000 penduduk Jakarta, namun yang berhasil dianalisa hanya 9.720 sampel.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

“Pemilihan sampel dilakukan lewat metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen,” papar Sutisna.

“Sampel berasal dari 82 kelurahan di seluruh Provinsi DKI Jakarta yang terdistribusi secara proporsional, dan responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih,” ujar Sutisna.

Selanjutnya quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 48 persen. “Dari total sampel, supervisor kembali mendatangi responden terpilih (spot check),” imbuhnya.

Menanggapi hasil survei INES, Budi Purnomo Karjodihardjo sebagai Koordinator Bidang Komunikasi dan Media Center Tim Kampanye Jokowi-Basuki menyatakan, hal itu menandakan sebagian besar warga Jakarta menginginkan perubahan kepemimpinan di ibu kota.

“Warga Jakarta sudah cerdas memilih, tidak terpecah-belah dengan isu dan provokasi yang terjadi. Terima kasih kepada responden dan warga Betawi  yang telah jujur dalam menentukan pilihannya,” kata Budi. (umi)

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang
WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024