Pria Berjenggot Misterius Kerap Bertemu Toriq

Polisi olah TKP usai ledakan di sebuah rumah di Tambora
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Ruqoyah

VIVAnews -- Muhammad Toriq sontak kabur saat warga berhasil mendobrak rumahnya yang mengeluarkan kepulan asap putih berbau mesiu. Hanya memakai celana pendek dan kaos oblong.

Perilakunya itu justru menerbitkan curiga, pria 30 tahun itu kini menjadi kejaran polisi. Apalagi, ditemukan bahan-bahan kimia, kabel, dan paralon yang diduga bom rakitan.

Orangtua Toriq, Iyot, 60, mengaku tidak mengetahui aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh anaknya hingga memicu kepulan asap di tempat tinggalnya yang terletak di Jalan Teratai, Tambora, Jakarta Barat.

"Itu Anak ibu, namanya Toriq. Tadi ibu di depan, dia di belakang ibu nggak tahu dia ngapain. Terus tahu-tahu ada asap dari bubuk itu nggak tahu namanya," ujar Iyot saat ditemui di Polsek Tambora, Rabu 5 September 2012. Ia dan istri Toriq langsung dibawa ke Polsek Tambora paska insiden itu.

Ketika ditanyakan keberadaan anaknya saat ini, Iyot mengaku tak tahu. "Toriq nggak ada, sekarang nggak tahu pergi ke mana. Dia bekerja sebagai jual pulsa sehari-hari," kata Iyot.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto menduga, rangkaian itu adalah bom rakitan setengah jadi.

"Diduga bom rakitan karena ditemukan potongan paralon yang berisi kabel dan diduga bahan peledak," ujar Rikwanto saat dikonfirmasi, Rabu 5 September 2012.

Ketika ditanyakan apakah ada kaitannya dengan jaringan terduga teroris di Solo, Rikwanto belum bisa memastikan,

Pria berjengot

Asap mesiu dan perilaku Toriq yang aneh membuat pria itu menjadi bahan pembicaraan warga. Orang-orang berusaha menggali ingatan, menemukan petunjuk.

Salah satu warga bernama Ahmad (25), mengaku beberapa kali melihat tiga orang yang berjenggot dan berbadan tegap mendatangi rumah Toriq.

"Mereka sering datang kerumah Toriq, bukan mau beli pulsa tapi seperti bertamu kayaknya. Kami nggak curiga karena namanya juga orang bertamu," kata Ahmad.

Dalam seminggu, lanjut dia, bisa diperkirakan hingga empat kali tiga orang tersebut mendatangi rumah Toriq dan membawa semacam bungkusan.

Toriq, kata Ahmad memang tidak pandai bergaul dengan warga sekitar. Bahkan, saat salat di masjid saja dia tidak mau berjamaah, melainkan sendiri.

Tapi, sebelum asap mengepul dari rumahnya, tak ada warga yang menaruh curiga.

Klub Milik Orang Indonesia, Como Resmi Promosi ke Serie A Italia
Rizky Febian dan Mahalini

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk

Rizky Febian dan Mahalini akhirnya resmi menikah. Berita-berita terkait hal ini pun sukses memantik perhatian pembaca. Satu yang tak kalah dilirik soal keluarga Mahalini.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024