Kiemas: Jokowi Kuat Hadapi Tekanan Politik

Taufiq Kiemas, Megawati Soekarnoputri, dan Joko Widodo di TPS Kebagusan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews -- Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan, Taufiq Kiemas berharap calon gubernur DKI Jakarta yang diusung partainya, Joko Widodo, kuat menghadapi tekanan politik menjelang Pilkada putaran ke dua. Tekanan politik dipastikan semakin kuat menjelang pemilihan 20 September 2012.

"Kalau orang mau berpolitik harus siap semua, kalau tidak siap, susah. Makannya politisi seharusnya paling tahan dari segala tekanan," kata Kiemas di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 31 Agustus 2012.

Suami Megawati Soekarnoputri ini yakin Joko Widodo alias Jokowi mampu menghadapi tekanan yang dia terima saat ini. Begitu juga tekanan berikutnya. "Mustinya (Jokowi) sudah kuat. Jangan ditanya kuat apa tidak, ya harus, dan sudah biasa ini," kata dia.

Memang, sejumlah isu menerpa Walikota Solo ini menjelang Pilkada Jakarta putaran ke dua. Serangkaian teror keamanan berupa penembakan terjadi di Solo, tempatnya memimpin saat ini. Tak hanya itu saja, Jokowi juga dilaporkan oleh sejumlah orang yang tergabung dalam 'Tim selamatkan Solo, selamatkan Jakarta, selamatkan Indonesia' ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus korupsi.

Namun, Kiemas menyatakan semua tekanan ini bukan berarti apa-apa. "Itu biasa," kata dia. PDIP sendiri, tambah Kiemas, belum akan melakukan klarifikasi kepada Jokowi terhadap laporan ke KPK tersebut.

Lantas, apakah PDI Perjuangan melihat adanya hubungan antara laporan ke KPK itu dengan proses Pilkada Jakarta? Menjawab pertanyaan itu, Kiemas tak mau menjawabnya dengan gamblang. "Masa tidak bisa mikir sendiri," ujarnya.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024