METRO

VIDEO: Cuaca Cerah, Hilal Bisa Terlihat

Menurut tim falakiyah, hilal sudah bisa dilihat dengan mata telanjang.
Sabtu, 18 Agustus 2012
Oleh : Eko Priliawito, Alfin Tofler
Petugas rukyat meneropong posisi hilal

VIVAnews - Tim Falakiyah NU Gresik, Jawa Timur, memperkirakan hilal 1 Syawal akan terlihat Sabtu sore, 18 Agustus 2012. Bila ketinggian hilal saat ini dipastikan berada 7 derajat di atas ufuk, maka Lebaran nasional bisa dipastikan jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012 besok.

Guna memantau hilal awal bulan Syawal, tim falakiyah NU Gresik telah memasang sejumlah peralatan di balai Rukyat Condro Dipo, sejak siang tadi. Pengecekan peralatan juga dilakukan untuk memastikan peralatan tersebut berfungsi dengan baik.

Salah satu anggota falakiyah Abdul Muid mengatakan, bahwa cuaca cerah pada siang dan menjelang sore ini sangat mendukung tim mengukur posisi dan arah secara valid. Pada sore hari bisa dipastikan hilal sudah bisa dengan mudah dilihat mata telanjang dan Lebaran bisa dipastikan besok.

Meski demikian, penentuan Lebaran akan tetap mengambil keputusan sidang isbah yang akan digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada sore ini.

Disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama RI, Zubaidi, persiapan sidang isbat sudah matang. Dalam sidang nanti, bila keputusan bahwa hilal sudah terlihat, maka pemerintah akan menetapkan Lebaran jatuh pada Minggu, 19 Agusuts 2012.


Lihat pantauan hilal tim falakiyah NU Gresik di sini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found