Gaji PNS Naik, Anggaran Pensiun Naik

Azwar Abubakar
Sumber :
  • Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

VIVAnews - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menegaskan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 7 persen akan diikuti dengan kenaikan tunjangan PNS. Kenaikan itu tetap dilakukan, meski anggaran pensiun semakin lama semakin membebani anggaran pemerintah.

"Pensiun itu berdasarkan gaji pokok, kalau naik iya ikut naik dong," kata Azwar di gedung DPR, Jakarta, Kamis Malam, 16 Agustus 2012.

Azwar mengatakan, kenaikan itu secara otomatis akan menambah anggaran pensiun yang dialokasikan pemerintah. Pada tahun ini pemerintah mengalokasikan Rp60 triliun untuk membayar tunjangan pensiun PNS, TNI, Polri dan pegawai BUMN.

"Jadi misalnya tahun ini Rp60 triliun, ya naik 7 persen berarti berapa? Jadi sekitar Rp64 triliunkan gitu," kata menteri yang juga politisi Partai Amanat Nasional ini.

Mengenai kenaikan gaji PNS, Azwar menjelaskan, kenaikan itu tidak disamaratakan pada seluruh PNS. Angka itu merupakan kenaikan rata-rata.

Nantinya, kenaikan sebesar 7 persen akan diprioritaskan pada PNS yang gajinya kecil. "Yang kecil mungikn naik 7 persen, yang besar kemungkinan 6 persen," kata mantan anggota DPR ini.

Jika disepakati DPR, kata azwar, peraturan resmi dari pemerintah soal kenaikan itu akan dibuat. Nantinya, setelah disahkan maka akan langsung bisa diimplementasikan pada awal tahun depan.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024