Video Foke Singgung Jokowi, Ini Kata Panwaslu

Fauzi Bowo dan Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Panitia Pengawas Pemilu belum menerima pengaduan terkait pernyataan Fauzi Bowo yang menyinggung soal Jokowi, ketika bertemu korban kebakaran Karet Bivak Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2012 kemarin. Panwaslu, kata Ketua Panwaslu DKI Jakarta, Ramdansyah, dalam posisi menunggu. Apakah ada yang melaporkan atau tidak.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Meski begitu, lanjutnya, haruslah dipahami juga bahwa tidak semua peristiwaĀ  atau pernyataan dapat dikategorikan sebagai tindak pidana Pilkada. Bagaimana kriteria tindak pidana Pemilu itu, sudah diatur dalamĀ  Undang-undang No 32 Tahun 2004.

Dia menambahkan bahwa memang tidak mudah memvonis sebuah peristiwa, perbuatan atau pernyataan itu sebagai pidana pilkada. Harus ada unsur-unsur yang dipenuhi seperti kampanye di luar jadwal dan lain-lain. "Tidak bisa sebuah perbuatan itu otomatis dikriminalisasi atau dipidanakan."

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Ramdansyah menambahkan bahwa pasangan calon atau tim kampanye bisa saja melakukan kegiatan keseharian, kegiatan politik atau menyampaikan statemen politik, selama itu tidak mengajak untuk memilih dan menyampaikan misi dan misi.

Apabila dalam statemen politik ternyata keluar dari fatsun atau sopan santun politik, tidak otomatis menjadi pelanggaran pilkada. Komunikasi politik yang tidak tepat-- seperti menyampaikan sesuatu yang sumir kepada masyarakat dapat saja dikategorikan pelanggaran etika dalam politik atau tepatnya komunikasi politik.

Jika soalnya adalah etika dalam berpolitik, kata Ramdansyah, jelas bahwa itu bukan domain Panwaslu DKI. Domain Panwaslu adalah kampanye di luar jadwal. Kalau slip of tongue atau 'kesleo' lidah masyarakat dapat menilai sendiri, dan itu bisa mempengaruhi elektabilitas. Tetapi sekali lagi bukan domain Panwaslu, dan kalau masyarakat mau melapor silahkan saja," katanya.

Apa isi video itu

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa sebuah video yang memuat pernyataan Fauzi Bowo dan menyinggung Jokowi beredar di Youtube. Dalam video berjudul "Kunjungi Warga Karet Tengsin (musibah kebakaran), foke justru berkampanye" itu, Fauzi Bowo sempat bertanya kepada warga soalĀ  pemulikada nanti. "Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo. (Lengkapnya baca

Kepala Media Center Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Kahfi Siregar, menegaskan bahwa kunjungan itu dilakukan dalam kapasitas Foke sebagai gubernur DKI. Dan apa yang disampaikan Foke dalam kunjungan hanya merespon pertanyaan warga dan guyonan belaka. Sama sekali tidak ada niat menyindir Jokowi.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024