METRO

PDIP: Jokowi Tetap Andalkan Relawan

PKS kini tengah diperebutkan pasangan Foke-Nara dan Jokowi-Ahok.

ddd
Senin, 6 Agustus 2012, 07:13
Joko Widodo
Joko Widodo (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Beberapa partai besar telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara). Sebut saja Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar.

Namun, hingga kini, pasangan calon Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum mendapat dukungan dari partai lainnya selain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra.

Politisi PDIP, Maruarar Sirait, mengatakan situasi seperti ini tak membuat ciut nyali Jokowi bertarung dengan calon incumbent pada putaran dua Pemilukada DKI Jakarta. Jokowi, kata dia, tak cuma mengandalkan dukungan dari para elite semata, namun juga dukungan nyata dari rakyat.

"Saya sudah bicara dengan mas Jokowi. Penting bagi kami untuk menghormati keputusan semua partai, karena masing-masing partai pasti memiliki alasannya sendiri, dan kami tak berhak mencampuri urusan orang lain," ujar Maruarar di Jakarta, Minggu 5 Agustus 2012 malam.

Bahkan, Ara, sapaan akrab Maruarar, mengucapkan selamat kepada para partai pendukung Foke-Nara. "Intinya, kami tak mencampuri dan mengucapkan selamat kalau ada yang mendukung yang lain, itu otoritas masing-masing," tuturnya.

Beberapa waktu ini, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah diperebutkan oleh dua kandidat yang akan bertarung pada Pemilukada DKI Jakarta putaran kedua. Menjawab perihal ini, Ara mengatakan pihak Jokowi-Ahok telah melakukan silaturahmi ke seluruh partai sejak mengawali putaran pertama Pemilukada DKI. Termasuk PKS.

"Dulu saat beliau jadi Walikota Solo juga sudah ada komunikasi (dengan PKS). Saya rasa kalau komunikasi ke semua partai, semua berjalan dengan baik," kata Ara.

Bicara soal strategi pemenangan, Ara menuturkan, Jokowi-Ahok tetap konsisten dengan strategi awal mereka. Yakni mesin partai dan relawan kompak berjalan satu tujuan bersama.

"Menurut saya sih hari ini silaturahmi kepada elite itu penting, silaturahmi kepada rakyat langsung itu penting juga. Yang dilakukan Jokowi-Ahok adalah keduanya."

Ara mengungkapkan, Jokowi-Ahok cukup percaya diri menuju putaran kedua karena mereka mempunyai relawan yang begitu banyak dan begitu aktif berpartisipasi mendukung calon pemimpinnya.

"Saya lihat di Jakarta ini, dalam konteks relawan Jokowi, partisipasinya tinggi. Mereka tidak cuma datang saja, tapi juga ikut berkonsolidasi. Artinya mereka bergerak karena keyakinan individual," ujarnya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com