Standar Keselamatan Kebakaran

Sekitar 172 Gedung Tidak Memenuhi Syarat

VIVAnews - Ternyata masih banyak bangunan tinggi dan bangunan menengah di DKI Jakarta yang tidak memenuhi kualitas standar keselamatan kebakaran. Tak heran jika api melahap banguan tinggi akan sulit untuk menyelamatkan penghuni.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta,  ada kurang lebih 1,033 bangunan tinggi dan bangunan menengah.

Bangunan tinggi sebanyak 567 unit dan bangunan menengah 466 unit dan bangunan untuk perdagangan (BUP) & Industri 6838 Unit.

"Dari 456 bangunan tinggi yang diperiksa ada  172 (37,7%) yang tidak memenuhi syarat. Antara lain karena kurangnya pemeliharaan," ujar Kepala Seksi Ketahanan Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Rimawatidi Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu 25 Februari 2009.

Selain gedung tinggi dan menengah yang menjadi sasaran kebakaran adalah tempat hiburan. Tempat hiburan yang kurang memenuhi persyaratan proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan jiwa karena perubahan fungsi bangunan dan kurangnya

Jumlah bangunan hiburan di DKI Jakarta antara lain, bar atau live musik sebanyak 117, karaoke 46, diskotek 16 gedung, cafe 19 gedung, restoran 9 gedung, dan bioskop  12 gedung.

Rimawati mengatakan ada aspek-aspek yang menyulitkan pemadaman Misalnya, aksesibilitas, rescue dan pemadaman kebakaran. "Selain itu, pada bangunan yang multi ownership masing-masing pemilik biasanya saling melempar tanggung jawab pemeliharaan," kata Rima.

Tidak berfungsinya proteksi kebakaran karena tidak dilaksanakannya preventive maintenace juga menjadi kendala. "Adanya resistensi para pemilik atau pengelola terhadap pengawasan inspektur kebakaran," kata Rima lagi.

Rima juga mengeluhkan nasih sangat kurangnya kesadaran pemilik atau pengelola, sehingga ia menyarankan ada hal-hal yang sangat perlu mendapat perhatian agar penanganan kebakaran di gedung tinggi bisa diatasi.


Koalisi Perubahan Selesai, Surya Paloh Tetap Ingin Bina Hubungan Baik Dengan PKS
Anwar Fuady

Gak Betah Jadi Duda, Anwar Fuady Bakal Nikah Lagi di Umur 77 Tahun

Anwar Fuady berharap, Wiwiet Tatung akan menjadi wanita terakhir yang mendampinginya sampai tutup usia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024