Cek Stok Bahan Pokok, Foke Tinjau Pasar Induk

Sidak Pasar Beras Cipinang
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Guna memastikan ketersedian bahan pokok selama bulan ramadan cukup untuk kebutuhan masyarakat Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, melakukan pengecekan di Pasar Induk Kramatjati, Senin, 16 Juli 2012.

"Saya lakukan pengecekan, untuk ketersediaan buah-buahan lokal harga relatif stabil. Suplay kebutuhan seperti cabai dan bawang juga cukup sampai akhir ramadan," kata Fauzi Bowo.

Mengenai kenaikan harga, diperkirakan baru akan terjadi pada minggu terakhir di bulan ramadan. Menjelang puasa ini, kenaikan harga bawang dan sayuran memang terjadi tapi tidak terlalu signifikan.

"Cabe juga ada kenaikan tapi tidak signifikan, kenaikan rata- rata akan terjadi pada seminggu terakhir bulan ramadan," katanya.

Dikatakan Foke, petani yang tidak melakukan ativitas saat lebaran, membuat kenaikan harga terjadi pada akhir bulan puasa.

"Lebaran kedua ketiga harga naik, kenapa? karena semua petani juga merayakan lebaran, jadi tidak ada yang memetik cabe," kata Foke.

Dirut PD Pasar Jaya, Djangga Lubis juga memastikan untuk harga sayur-sayuran dan buah lokal saat memasuki bulan puasa ini tidak ada kenaikan harga. Ia juga menjamin ketersediaan buah dan sayur untuk beberapa bulan kedepan cukup.

"Untuk buah dan sayur relatif harga normal, stok cukup. Beberapa bulan kedepan masih cukup, jadi masyarakat tidak usah khawatir," kata Djangga.

Walau ketersediaan bahan pokok selama puasa ukup, Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menimbun bahan pokok. "Kami imbau masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan, tidak usah khawatir ada kenaikan harga tinggi," katanya.

Salah seorang pedagang di Pasar Induk Kramatjati Misna mengatakan, untuk harga Cabai merah besar saat ini sudah mengalami kenaikan dari yang semula Rp15 ribu per kilogram, saat ini harga sudah mencapai Rp20 ribu per kilogram.

"Sejak kemarin harganya naik sekitar 4 ribu sampai 5 ribu rupiah, untuk jenis Cabe merah besar," ujar Misnah kepada VIVAnews.

Ia mengatakan, biasanya puncak kenaikan harga terjadi pada minggu terakhir bulan ramadan. Harga cabai bisa mencapai angka Rp40 ribu per kilogram.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024