Tragedi "Xenia Maut"

Saksi: Afriyani dari Diskotek, Sedang Mabuk

Sidang Lanjutan Afriyani
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dua teman terdakwa kasus "Xenia Maut" Afriyani Susanti akhirnya menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis 12 Juli 2012. Keduanya, yakni Prita Audya Ramadhani dan Angela Halim, hadir di persidangan sebagai saksi.

Jika Prita terkesan berbelit-belit dalam memberi keterangannya, sikap Angela berbeda. Angela merupakan pemilik mobil Xenia yang dikendarai Afriyani saat menabrak dan menewaskan sembilan pejalan kaki di depan Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Pusat, Minggu 22 Januari 2012 lalu.

Dalam keterangannya di muka sidang, Angela menjelaskan sejumlah hal dan aktivitas yang dilakukan Afriyani dan kawan-kawan saat malam sebelum kejadian. Dari situ terungkap, rombongan Afriyani mengunjungi sejumlah tempat dan minum minuman beralkohol.

Sekitar pukul 23.00 WIB, dijelaskan Angela, Afriyani mengunjungi Kafe Upstairs di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. "Di Upstairs sampai pukul 02.00 WIB. Yang dilakukan ada yang pesan makan, ngobrol, minum jus, bir, wiski. Saya tidak ingat siapa yang minum. Saya tidak perhatikan terdakwa," kata dia.

Usai dari Upstairs, rombongan Afriyani menuju Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini. Dari sana, Afriyani dkk menuju Diskotek Stadium di kawasan Mangga Besar.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Ke Stadium pakai mobil saya, Xenia. Yang nyetir Afriyani," kata Angela. "Sampai Stadium pukul 03.00 WIB. Saya sampai sekitar pukul 11.00 WIB. Terdakwa pamit sekitar pukul 10.00 WIB."

Angela menceritakan sejumlah hal dan aktivitas mereka di diskotek itu. "Di Stadium minum, mendengarkan musik, joget. Terdakwa juga ikut joget. Saya lihat terdakwa minum bir, alkohol, air mineral. Dia sedikit mabuk. Saya tidak lihat ada narkoba. Saya juga tidak tahu kalau ada yang patungan beli Inex," ujarnya.

Usai dari Stadium, kata Angela, Afriyani pamit pulang lebih dulu. Angela menjelaskan, Afriyani meminjam mobil Xenia miliknya untuk pulang dengan beberapa temannya. "Mobil dipinjam Afriyani. Satu dua kali memang saya pernah pinjamkan ke dia, karena tahu dia punya SIM," ujarnya.

Sekitar satu jam setelah Afriyani pulang, Angela pulang bersama Prita dengan menggunakan taksi. "Saya memang dengar terjadi kecelakaan di sekitar Tugu Tani waktu saya belum sampai rumah," kata dia.

Angela mengaku pulang dengan taksi di bawah pengaruh alkohol. "Saya dalam keadaan mabuk. Saya minum dari gelas. Minum minuman yang diracik. Saya tidak tahu campuran apa," kata dia.

Menanggapi keterangan Angela, Afriyani membantah telah minum minuman beralkohol saat di Stadium. "Ada yang salah. Saya tidak minum bir di Stadium," kata dia.

Sidang akan dilanjutkan pada Senin 16 Juli 2012 dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli, saksi meringankan, dan saksi perbarisan (saksi dari penyidik).  

ilustrasi olahraga lari.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak, jangan lupa melakukan aktivitas olahraga agar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024