Polisi: Harrier B 15 AUD Milik Anas

Anas Kembali Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto mengungkapkan, nomor polisi dengan pelat B 15 AUD tipe mobil Toyota Harrier tahun 2009 merupakan milik Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Hasil pemeriksaan di TMC Polda Metro Jaya, untuk pelat mobil B 15 AUD Harrier keluaran tahun 2009 warna hitam jenis jeep atas nama Anas Urbaningrum. Alamat pemilik di Jalan Teluk Semangka C47, Duren Sawit Jakarta Timur, telah berganti menjadi B 2170 H pada tanggal 14 Juli 2010," ujar Rikwanto, Jumat 6 Juli 2012.

Rikwanto enggan menjelaskan lebih lanjut siapa pemilik kedua dari mobil tersebut. Berdasarkan penelusuran VIVAnews melalui pesan singkat ke 1717 untuk mengetahui pemilik kendaraan B 2170 H, ternyata namanya tidak terdaftar.

"Mohon maaf, nomor polisi tersebut sampai saat ini belum terdaftar di sistem kami. Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi TMC Polda Metro Jaya," tulis balasan SMS dari 1717 dengan format metro b2170h.

Sebelumnya beredar informasi, mobil Anas diduga dibeli oleh seorang wanita, dengan pelat baru bernomor B 350 KYT. Ternyata setelah dilakukan pengecekan ke 1717, pelat mobil tersebut bukan jenis Harrier melainkan minibus. Berikut bunyi pesan singkatnya. "B 350 KTY, MICRO/MINIBUS, MINI COOP 1.6CONTRYMAN AT, MERAH, Th: 2011, Masa STNK: 23-05-2017, Untuk lebih akurat, silahkan hubungi Samsat terkait,".

Sebelumnya, sumber VIVAnews menyebut ada dugaan kuat mobil Toyota Harrier untuk Anas itu dibeli dari sebuah dealer mobil Duta Motor di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Namun, saat VIVAnews menelusuri ke Duta Motor, semua karyawan mengaku tidak tahu soal informasi pembelian Harrier tahun 2009 itu. "Saya baru setahun di sini. Pimpinan juga tidak ada sedang ke luar negeri," kata karyawan Duta Motor.

Masih kata sumber, mobil yang harganya sekitar Rp650 juta lalu balik nama bukan atas nama Anas. Melainkan nama seorang wanita yang tinggal di kawasan Cempaka Putih. Saat dihampiri VIVAnews, tidak ada satupun warga yang mengenal nama wanita dalam STNK mobil Harrier itu. Keluarga dan wanita itu tidak ada di rumah seperti yang tertera dalam alamat.

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Sebelumnya, Nazaruddin pernah menyebut Anas mendapat jatah dua unit mobil dari beberapa proyek. Dua mobil yang disebut Nazar yakni Toyota Alphard dan Harrier. Soal Harrier ini, Anas sudah berkali-kali membantah.

"Ada-ada saja sampeyan itu," kata Anas Urbaningrum yang menjawab sambil duduk di atas tangga lobi gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu 27 Juni 2012. "Tidak ada itu. Itu cerita mati, halusinasi," kata Anas lagi. (eh)

Ilustrasi orang sedang bermain game online

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menyatakan progres perpres pengawasan game online sudah harmonisasi antara kementerian, lembaga dan pemda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024