DKI Bangun Jalan Layang Tiga Koridor Busway

Busway Transjakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat jalur bus layang (elevated) untuk busway koridor 13-15. Pembagunan ini dilakukan untuk mengurai dampak kemacetan di Jakarta.

Tiga koridor yang akan menggunakan jalur elevated itu adalah jurusan Cileduk-Blok M, Kalimalang-Blok-M, dan Manggarai-Depok. Sistem transportasi vertikal ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan pelebaran jalan karena keterbatasan lahan.

Menurut Kepala Dinas Perbuhungan DKI Jakarta, Udar Pristono,
bila sebelumnya bus Transjakarta koridor 1-12 menggunakan jalur darat, maka untuk koridor 13-15 menggunakan jalur vertikal (elevated).

Konsep elevated (bus layang) ini dibangun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan pengendara kendaraan pribadi bisa beralih ke angkutan umum dan bisa mengurangi kemacetan.

Tidak semua jalur menggunakan bus layang, hanya beberapa bagian tertentu saja yang akan dibangun secara elevated. Artinya, jalur elevated akan dibangun khusus di kawasan padat yang tidak memungkinkan dapat berbagai dengan kendaraan lainnya.

Pada koridor jalur Cileduk-Blok M, jalan layang akan dibangun mulai dari Budi Luhur-Alfa Cipulir. Pada jalur Kalimalang-Blok M, jalan layang dibangun dari Sumber Arta-By Pass lalu disambung lagi dari Tendean-Blok M. Sementara untuk jalur Manggarai-Depok dimulai dari Honda Tebet-Terminal Pasar Minggu.

"Untuk bus layang ini masih dalam tahap pengkajian jalur. Diharapkan dalam waktu dekat dapat segera dibangun. Butuh waktu sekitar dua tahun," kata Pristono.

Pristono menambahkan, saat ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah membangun koridor 12 Tanjungpriok-Pluit yang masih dalam proses tender. Dengan beroperasinya koridor ke-12 ini, total panjang lintasan busway menjadi 207,3 kilometer dengan 218 halte yang dilayani 669 bus sehingga diprediksi mampu mengangkut 129,9 juta penumpang. (adi)

Belum Resmi Jadi Suami-Istri, Rizky Febian dan Mahalini Jalani 2 Prosesi Adat Hari Ini
Pengambilan Sumpah Advokat (Ilustrasi).

Juniver Girsang Imbau Para Advokat Bersatu Pasca Putusan MK, Ini Alasannya

Kata Juniver Girsang, perbedaan pilihan dan dukungan politik yang selama ini menimbulkan riak-riak sesama rekan advokat jadi tak nyaman mesti diakhiri.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024