Faisal Dapat Dana Saweran Kampanye Rp15 M

Calon Gubernur Faisal Basri Kampanye.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar`Rizki Affandi

VIVAnews - Pasangan calon gubernur dari jalur independen Faisal Basri-Biem Benjamin berhasil mengumpulkan dana kampanye sebesar Rp15 miliar. Dana tersebut berasal dari saweran, donasi online, gala dinner dengan para pendukung dan lelang lukisan. Sedangkan dana kampanye yang dikeluarkan Faisal-Biem sejak pengumpulan KTP hingga saat ini tak lebih dari Rp5 miliar.

"Kami akan transparan terkait siapa donatur kampanye dan jumlah dana yang terkumpul untuk biaya kampanye Pemilukada 2012," kata Faisal di sekretariat kampanye mereka di Jalan Gandaria Tengah 2 No 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 25 Juni 2012.

Misalnya yang memberikan donasi lewat kartu kredit wajib mencantumkan namanya, nomor telepon, dan alamat surat elektronik. "Kalau tidak dicantumkan, bisa decline, ditolak," ujarnya.

Begitu pula para donatur yang memberikan donasi secara online, otomatis namanya langsung tercatat. Dan, bagi mereka yang tidak mau disebut namanya, akan dibuka.

"Jadi, misalnya X bilang agar namanya jangan disebut. Kami tidak bisa nolak itu. Tapi, untuk kepentingan audit nanti wajib disebutkan namanya, wajib dibuka," ucap dia.

Faisal mengklaim bahwa pihaknya bisa menjamin akuntabilitas dan transparansi sumber dana kampanye. Dia pun mengkritik para kompetitornya.

"Tidak tahu dari mana sumber dananya, tidak pernah disebutkan. Lha, kalau kami kan jelas disebutkan dari acara makan malam, lelang seni, donasi online, saweran, dan lain-lain," kata Faisal. (umi)

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024