Cagub Teken Lima Kesepakatan Damai Pemilu DKI

Kerjasama KPK-Cagub dan Cawagub
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan jadwal dan tempat kampanye seluruh calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Guna menciptakan demokrasi yang damai, seluruh pasangan menandatangani kesepakan damai di Polda Metro Jaya, Rabu, 20 Juni 2012.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung S Rajab, meminta kepada seluruh pasangan dan tim sukses untuk menciptakan situasi yang kondisif saat masa kampanye hingga Pemilukada selesai dilaksanakan.

"Ciptakan Pilkada dengan damai, tujuannya dalam proses pemilu, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dan terakhir terpilihnya gubernur berjalan aman, tertib, dan berakhlak," jelas Untung dalam sambutan penandatangan kesepatakan Pemilukada Damai di Mainhall Polda Metro Jaya.

Terkait dengan pengamanan setiap wilayah, nantinya akan dijaga personel dari Polres hingga Polsek, serta dibantu Babinsa dan Koramil tingkat Kodim. Karena ikut melibatkan anggota Kodam, maka personel polisi tidak terlalu banyak dikerahkan.

Pangdam Jaya, Mayor Jenderal TNI Waris mengatakan, pihaknya akan selalu berada di belakang Polri dalam pengamanan ini. Dia mengharapkan pesta demokrasi rakyat ini bisa berjalan damai, lancar, jujur dan adil.

"Kami harap tidak terjadi sesuatu, kalau terjadi sesuatu akan merugikan rakyat kecil. Mulai dari kampanye hingga proses nanti bisa berjalan dengan lancar," kata Waris.

Penandatangan kesepakatan Pilkada Damai ini dihadiri Nachrowi Ramli, Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, Basuki Tjahaja Purnama, Hidayat Nur Wahid, Faisal Basri-Biem Benjamin dan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Berikut kesepakatan Pemilukada DKI Jakarta damai yang ditandatangani enam pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta.

1. Bahwa masing-masing calon gubernur dan wakil gubernur siap melaksanakan Pemilukada Provinsi DKI Jakarta Tahun 2012 secara jujur, dan adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Siap bekerjasama dengan instansi dan  penyelenggara Pemilukada (KPU, dan Banwaslu Provinsi DKI Jakarta) demi suksesnya Pemilukada Prov. DKI Jakarta 2012.

3. Bersama dengan unsur Kepolisian dan aparat keamanan lainnya sanggup menjaga, menciptakan situasi yang kondusif, aman dan damai serta sanggup mengendalikan massa pendukung, demi suksesnya Pemilukada DKI Jakarta 2012. Dan apabila terjadi pelanggaran siap diambil tindakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

4. Siap menerima hasil Pemilukada yang disahkan oleh penyelenggara Pemilukada Prov DKI Jakarta 2012 dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5. Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2012 siap terpilih dan siap tidak terpilih. (umi)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024