Polda Minta Warga Jangan Takut Hadapi Razia

Razia Lalu Lintas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya memastikan telah menjalankan Standar Operasi Prosedur (SOP) saat menggelar razia di kawasan Jalan Bangka Raya, Mampang, Jakarta Selatan, pada Selasa dini hari, 19 Juni 2012. Pernyataan ini menanggapi keluhan seorang warga, yang merasa jadi korban "kenakalan" polisi dalam razia itu.

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Sherlita Stephanie (Lita) saat itu merasa dijebak polisi karena menyimpan narkoba, yang belakangan diketahui sebagai obat alergi. Padahal obat itu sebelumnya tidak pernah ada di dalam mobilnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menjelaskan razia digelar dengan perangkat resmi seperti plang, papan nama, surat perintah, ada povost dan seorang perwira yang memimpin kegiatan itu.

"Razia dan Operasi itu berbeda. Kalau yang dialami oleh Lita kemarin itu razia. Razia ada yang sifatnya umum dan selektif," ujar Rikwanto, Rabu 20 Juni 2012.

Razia umum bertujuan untuk menciptakan situasi tertib, dan setiap kendaraan yang curigai memiliki senjata tajam, senjata api, dan narkoba juga akan distop.  Ini dengan pemeriksaan surat kendaraan semua itu dijelaskan dalam surat perintah.

Sementara razia selektif, digelar dengan melakukan pemeriksaan terkait dengan satu tindakan pidana. Misalnya yang berkaitan dengan terorisme. Bila teroris itu bergerak dari timur ke barat menggunakan mobil box, maka polisi akan selektif memeriksa setiap kendaraan. Setiap operasi pasti memiliki target tersendiri.

"Misalnya, dalam target operasi senjata api yang diincar adalah A dan B, tetapi dalam perjalannya kita menangkap C. Itu yang disebut sebagai non target. Jadi perbedaannya kalau operasi memiliki target operasi sendiri, sedangkan jika razia tidak," jelas Rikwanto.

Karena itu, Rikwanto berharap kepada masyarakat bila ada razia dan operasi, jandan dianggap sesuatu yang menyulitkan. Penyelenggaraan operasi dilakukan untuk menciptakan keaman dan ketertiban. Masyarakat tidak perlu takut, malah akan merasa aman jika ada polisi.

"Kalau mereka takut, maka polisi curiga. Cara bertindak polisi ada aturannya.  Muka disenter itu ada SOP-nya. jadi jangan dibilang marah-marah," katanya.

Sementara itu, Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Internal Polda Metro Jaya akan memeriksa polisi yang melakukan razia saat itu.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Meski belum ada laporan terkait tudingan bahwa polisi menjebak Lita,  Divisi Propam tetap akan meminta keterangan dari seluruh petugas yang terlibat kegiatan itu.  Apalagi kejadian ini sudah ramai dibicarakan setelah Lita bercerita di media sosial.

Bagaimana sebenarnya aturan mengenai pemeriksaan atau yang sering disebut razia kendaraan bermotor di jalan? Pemeriksaan kendaraan diatur dalam PP No 42 Tahun 1993 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan.

Lihat lebih lengkap mengenai aturan itu di sini

(ren)

Dokter Boyke Ungkap Gaya Bercinta Ini Nikmat Tapi 100 Kali Berisiko Tularkan HIV/AIDS
ilustrasi hubungan seks

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

Lantas apa yang perlu dilakukan ketika pasangan yang hyperseks? Seksolog kenamaan dokter Boyke angket bicara.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024