Pabrik Shabu di Bogor

Polisi Cocokan Shabu-shabu Bogor dan Jakarta

VIVAnews - Tim identifikasi Unit Satu Direktorat Narkoba Mabes Polri masih melakukan identifikasi terhadap barang baku pembuat shabu-shabu yang ditemukan petugas dalam penggerebekan di sebuah villa di Kampung Pasir Puteuy, RT 09 RW 03, Desa Karya Mekar, Cariu, Bogor, Minggu 22 Februari 2009.

Kepala Unit Satu Direktorat Narkoba Mabes Polri, Komisaris Besar, Cony Tri Restyoka mengatakan, Polisi masih melakukan indentifikasi terhadap bahan baku dan dua alat penyulingan yang ditemukan dari dua bangunan di kompleks villa tersebut.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Hal ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan, apakah barang pembuat shabu yang ditemukan petugas di Bogor serupa dengan bahan shabu lain yang ditemukan dalam beberapa penggerebekan di Jakarta.

Hingg sore ini kawasan tersebut masih disterilkan dan belum ada keterangan resmi dari Kepolisian mengenai hasil penggerebekan. Tempat pembuatan shabu yang diduga terbesar di Bogor itu letaknya sekitar 7 kilometer dari Polsek Cariu, Bogor.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Dikabarkan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inpektur Jenderal Timur Prodopo sedang menuju lokasi untuk meninjau villa yang digerebek itu.

Penggerebekan tempat pembuatan shabu yang beromset hingga miliaran itu berawal dari kecurigaan petugas patroli Polsek Cariu dengan mobil pengakut drum yang sedang melintas dikawasan tersebut.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Petugas gabungan dari Kepolisian Bogor kemudian melakukan penggerebek. Dua orang wanita dan tiga pria diamankan dari lokasi, sementara itu petugas juga mendapatkan dua sejata api dengan 400 butir peluru.

Saat ini polisi masih menyamakan jenis shabu-shabu dengan beberapa penggerebekan pabrik shabu di Jakarta oleh polisi.

Jumat 21 Novenber 2008, penggerebekan di lakukan polisi di Perumahan Taman Ratu Blok E, Kebon Jeruk. Kapasitas produksi shabu-shabu satu kilogram perhari.

Senin 24 November 2008 polisi menggerebek Rumah mewah di kawasan Marina Ancol dan di Ruko Taman Pluit Kencana, Jakarta Utara. 100 kilogram bahan-bahan kimia, baik dalam bentuk cair, padat, dan bubuk disita polisi.

Penggerebekan lainnya dilakukan di kompleks Taman Palem Lestari, Blok A 10 Nomor 2 RT 06 RW 16, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis 18 Desember 2008. Barang bukti berupa shabu-shabu cair 10,25 kilogram, dan puluhan kilo bahan kimia pembuat shabu disita polisi.

Esok harinya Satu pabrik shabu digerebek lagi di Apartemen Mediterania, lantai 26 kamar 2601, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Barang bukti yang disita antara lain shabu-shabu cair sebanyak 4 kilogram, shabu siap edar kristal sebanyak 20 gram.
 
Pabrik narkoba skala besar berkedok warung internet kembali digerebek polisi di Jalan Palem Lestari Blok A No 18 Jakarta Barat, Kamis 29 Januari 2009.

Dalam penggerebekan terbesar ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono datang untuk meninjau. Polisi menyita 12 kilogram shabu jadi, 45 kilogram shabu cair, serta ratusan liter bahan bakunya.

Penggerebekan terakhir dilakukan polisi di kawasan di kawasan Perum Citra Raya, Blok C, No 12 D. Jalan Celo, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Puluhan kilo bahan cair pembuat shabu dan lima senjata api diamankan petugas.

Laporan : Ayatullah Humaeni/ Bogor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya