Kronologi Pengeroyokan Suporter di GBK

Dua Orang Fotografer Jadi Korban Kerasnya Laga Persija melawan Persib
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Tiga orang tewas setelah dikeroyok saat digelar pertandingan sepak bola antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 27 Mei 2012. Tujuh tersangka--6 pelaku pengeroyokan--telah ditahan oleh Polda Metro Jaya.

Kasubdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan membeberkan kronologi pengeroyokan salah satu korban, Lazuardi, oleh enam tersangka.

Menurut Herry, awalnya enam pelaku yakni RY, BK, AR, ZN, TW, dan BP datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno melalui pintu sektor X.

Mereka datang secara berombongan. Saat itu tersangka BK duduk di kursi tribun. Pada saat pertandingan dan gol diciptakan Persija, para Jakmania langsung bersorak. Tidak berapa lama, dirinya melihat korban Lazuardi yang duduk bersamanya tidak ikut euforia Jakmania.

"Korban Lazuardi duduk diam saat itu, dan langsung ditanya oleh tersangka BK kenapa dirinya tidak ikut sorak-sorak Persija gol, Lazuardi ketika itu diam. Tetapi ketika Lazuardi menggaruk-garukan baju, muncul syal viking, lalu diteriaki dengan sebutan viking-viking," ujar Herry di Polda Metro Jaya, Sabtu 2 Juni 2012.

Korban, lanjut Herry, langsung dikeroyok oleh beberapa orang di tempat duduk tribun tersebut. Usai pertandingan, korban Lazuardi ditemukaan dengan kondisi berlumuran darah dan sudah meninggal. Baca peran keenam tersangka di tautan ini.

Di hadapan penyidik, pelaku mengaku sebagai mantan anggota Jakmania korwil Ciputat. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Toni Harmanto mengatakan pihaknya akan memanggil perwakilan Jakmania untuk meminta keterangan lanjutan untuk pelaku bagi dua korban lain yang meninggal.

"Keenam pelaku saling kenal, yang jelas nanti kita dalami keterangan saksi. Kita belum pegang hasil otopsi dan visum. Nanti akan kita sinkronkan," kata Toni.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

Selain keenam tersangka ini, polisi juga menetapkan IR sebagai tersangka. Dia dianggap melakukan provokasi dengan menulis perihal pengeroyokan usai insiden. Tindakan itu dianggap meresahkan masyarakat. (eh)

Direktur Eksekutif IPA, Marjolijn Wajong, dalam konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2024

Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Indonesian Petroleum Association (IPA) memiliki harapan yang besar kepada Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, untuk menggairahkan kembali industri hulu migas di RI.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024