UKP4 Puji Layanan TMC Polda Metro Jaya

Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala  Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto menilai layanan publik kian membaik dan ada peningkatan kualitas di pemerintah pusat dan daerah. Salah satu layanan publik yang dia apresiasi adalah Pusat Manajemen Lalu Lintas Polda Metro Jaya.
  
Kuntoro menjelaskan, banyak kementerian dan instansi yang sudah melakukan perbaikan serta transparansi layanan pada masyarakat, meski ada juga yang tidak. Salah satu contohnya, TMC Polda Metro Jaya saat ini merupakan salah satu instansi yang telah mampu memberikan pelayanan kepada publik sangat baik, dalam menginformasikan kondisi lalu lintas.
  
"TMC merupakan yang saya banggakan. Kalau kita tanya mengapa ada macet maka akan ada jawaban sangat cepat dari petugas," kata Kuntoro usai membuka seminar Open Government Indonesia di Jakarta, Rabu 30 Mei 2012.
  
OGI merupakan ajang tukar pengalaman dan pikiran kementerian dan instansi dalam memberikan layanan kepada masyarakat, diikuti oleh 60 kementerian dan lembaga pemerintah.

Selain itu, Kuntoro juga menilai layanan publik pada Badan Narkotika Nasional dan pelayanan Surat Izin Mengemudi  sangat baik.
  
"Mereka itu memberikan contoh bagus sekali yang bisa disebarluaskan kepada masyarakat dan merupakan inisiatif yang datang dari mereka sendiri dan itu merupakan perbaikan aspek pelayanan masyarakat yang sering kita dengung-dengungkan selama ini," kata Kuntoro.
  
Di sisi lain, Kuntoro menilai Pemerintah Daerah DKI Jakarta belum bisa memberikan layanan yang baik sebagaimana prakarsa OGI, khususnya dalam hal proses perizinan membuka usaha baru di Jakarta. "Coba anda bikin usaha di DKI Jakarta kasih tahu saya berapa lama proses perizinannya," kata Kuntoro.
  
Pemerintah Indonesia secara resmi mulai OGI sejak 2011. Indonesia menjadi salah satu negara pelopor "Open Government Partnership". OGP adalah sebuah prakarsa global untuk membuat pemerintah di banyak negara menjadi lebih baik dengan menginternalisasikan prinsip-prinsip "Open Government".

Terdapat delapan negara pendiri OGP yang menjadi Komite Pengarah dari 50 negara anggota OGP. Pada September 2012 Indonesia adalah salah satu dari dua ketua OGP. (umi)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024